JURNALISME PUBLIK DI MEDIA LOKAL (Deskriptif Kualitatif Penerapan Jurnalisme Publik di Media Online Lokal Sorotgunungkidul.com dalam Pemberitaan Pembangunan Skatepark Komunitas Skateboard)

Purnama, Yossy Widya (2017) JURNALISME PUBLIK DI MEDIA LOKAL (Deskriptif Kualitatif Penerapan Jurnalisme Publik di Media Online Lokal Sorotgunungkidul.com dalam Pemberitaan Pembangunan Skatepark Komunitas Skateboard). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Yossy Widya Purnama)
KOM04560.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan jurnalisme publik di media online lokal Sorotgunungkidul.com terkait dengan pemberitaan pembangunan skatepark komunitas skateboarding. Metode yang digunakan peneliti adalah deskriptif kualitatif untuk menggali semua informasi yang berkaitan dengan pemberitaan jurnalisme publik. Peneliti mendapatkan data dari hasil wawancara dengan empat narasumber pada 16-20 Maret 2017 di Gunungkidul. Narasumber pertama adalah Aji Awalani selaku wartawan Sorotgunungkidul.com, kedua Renna Anggabenta selaku Redaktur Sorotgunungkidul.com, ketiga Rekas Hutana selaku perwakilan komunitas PMDA skateboarding dan yang keempat Irawan Jatmiko selaku Kepala Kantor Pengendalian Dampak Lingkungan, yang menangani proyek pembangunan skatepark. Sorotgunungkidul.com merupakan salah satu media online lokal yang ada di Gunungkidul, dengan penyebaran informasi berita melalui aplikasi broadcast BBM (Blackberry Massanger) dan melalui akun facebook Sorotgunungkidul.com. Media ini kerap mengangkat isu-isu pemberitaan yang berkaitan dengan masyarakat baik individu maupun kelompok atau komunitas yang kurang mendapatkan perhatian dari pemerintah kabupaten Gunungkidul.Hal ini sesuai dengan konsep awal jurnalisme publik yang mendorong publik untuk terlibat aktif dalam proses pemberitaan guna mencapai kebijakan solusi dan kesejahteraan bersama. Sorotgunungkidul.com melalui pemberitaanya telah menerapkan beberapa konsep Jurnalisme Publik. Konsep yang pertama adalah pers menempatkan publik sebagai partisipan. Sorotgunungkidul.com telah memberikan ruang untuk publik berbicara, menyampaikan saran dan pendapatnya melalui kolom komentar yang ada di akun facebook Sorotgunungkidul.com. Serta wartawan yang aktif mengunjungi kelompok komunitas untuk mendengarkan keluh kesah mereka. Kemudian konsep jurnalisme publik kedua yang mampu diterapkan Sorotgunungkidul.com adalah pers berperan serta dalam meningkatkan kesejahteraan publik. Hal ini dibuktikan bahwa media Sorotgunungkidul.com melalui pemberitaanya telah mampu menjembatani kepentingan publik, kepentingan komunitas, yaitu komunitas PMDA skateboarding untuk mendapatkan haknya berupa fasilitas taman skate.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Jurnalisme Publik, Skatepark, Sorot Gunungkidul, Media Online
Subjects: Komunikasi > Jurnalisme
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 15 Aug 2018 07:49
Last Modified: 15 Aug 2018 07:49
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/15468

Actions (login required)

View Item View Item