PROSES SOSIALISASI BUDAYA ORGANISASI KEPADA KARYAWAN DI EASTPARC HOTEL YOGYAKARTA

RIZANDI, ZENITHA (2017) PROSES SOSIALISASI BUDAYA ORGANISASI KEPADA KARYAWAN DI EASTPARC HOTEL YOGYAKARTA. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (ZENITHA RIZANDI)
KOM04693.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini membahas proses sosialisasi budaya organisasi yang dilakukan Eastparc Hotel kepada karyawannya. Menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif, penelitian ini berusaha menggambarkan dan menunjukkan bagaimana proses sosialisasi dibangun dan berlaku dalam sebuah organisasi khususnya dalam industri perhotelan. Dalam memperoleh data penelitian, peneliti menggunakan teknik pengumpulan data berupa in-depth interview atau wawancara mendalam. Melalui teknik tersebut diharapkan peneliti mampu menjelaskan sekaligus memaparkan secara spesifik mengenai mekanisme komunikasi yang telah diajukan sebagai landasan teori. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses sosialisasi budaya organisasi kepada karyawan di Eastparc Hotel dibagi dalam tiga hal, yaitu perencanaan, pelaksanaan di lapangan dan evaluasi. Sedangkan budaya organisasi yang di sosialisasikan oleh manajemen Eastparc Hotel merupakan nilai-nilai organisasional yang dianut organisasi yang selanjutnya diimplementasikan dalam bentuk memasang filosofi dan visi misi di setiap ruangan, tutur kata yang digunakan, seragam, cara mengankat sambungan telepon dan menetapkan desain ruang kerja. Nilai-nilai organisasional di Eastparc Hotel juga diturunkan dalam bentuk program-program. Adapun program-program yang dirancang antara lain ialah outing, staff briefing, acara hari nasional dan keagamaan, seminar, kerja bakti dan general staff meeting (GSM). Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah proses sosialisasi budaya organisasi kepada karyawan dilakukan dalam tiga tahap, yaitu persiapan, pelaksanaan dilapangan dan evaluasi. Namun, Eastparc Hotel perlu melakukan rancangan evaluasi dari masing-masing program sebelum dilaksanakan. Hal tersebut berguna karena masing-masing program memiliki kebutuhan berbedabeda sehingga hasil yang diperoleh juga berbeda. Disamping itu, Eastparc Hotel perlu melakukan pendataan berkala kepada seluruh karyawannya, sehingga karyawan dapat mengikuti sosialisasi budaya perusahaan secara maksimal.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Proses Sosialisasi, Budaya Organisasi, Karyawan
Subjects: Komunikasi > Advertising
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 16 Aug 2018 08:28
Last Modified: 16 Aug 2018 08:28
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/15490

Actions (login required)

View Item View Item