KARAKTERISTIK KECELAKAAN DAN INSPEKSI KESELAMATAN JALAN DI KOTA PALANGKA RAYA PROVINSI KALIMANTAN TENGAH (STUDI KASUS: RUAS JALAN TJILIK RIWUT KM 1– KM 10)

Eldanari, Dhevryana (2018) KARAKTERISTIK KECELAKAAN DAN INSPEKSI KESELAMATAN JALAN DI KOTA PALANGKA RAYA PROVINSI KALIMANTAN TENGAH (STUDI KASUS: RUAS JALAN TJILIK RIWUT KM 1– KM 10). S2 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
MTS025540.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
MTS025541.pdf

Download (471kB)
[img] Text (BAB II)
MTS025542.pdf

Download (209kB)
[img] Text (BAB III)
MTS025543.pdf

Download (518kB)
[img] Text (BAB IV)
MTS025544.pdf
Restricted to Registered users only

Download (153kB)
[img] Text (BAB V)
MTS025545.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text (BAB VI)
MTS025546.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menentukan lokasi rawan kecelakaan lalu lintas pada ruas jalan Tjilik Riwut Km 1 – Km 10, melakukan inspeksi keselamatan jalan berupa segala macam objek yang ada pada lokasi rawan kecelakaan yang dapat mengurangi keselamatan pengguna jalan raya, serta menentukan upaya penanganan yang tepat terhadap masalah yang ada dalam menanggulangi dan mengurangi tingkat kecelakaan lalu lintas. Data kecelakaan lalu lintas tahun 2014 – 2016 merupakan data awal yang selanjutnya dianalisis untuk mengetahui karakteristik kecelakaan lalu lintas dan menentukan lokasi rawan kecelakaan lalu lintas pada ruas jalan Tjilik Riwut km 1 – km 10. Menentukan lokasi rawan kecelakaan lalu lintas tersebut berdasarkan teknik pemeringkatan menggunakan Equivalent Accident Number (EAN). Setelah menemukan lokasi rawan kecelakaan kemudian dilanjutkan dengan melakukan inspeksi langsung di lapangan. Penentuan tingkat pengurangan kecelakaan yang direkomendasikan menggunakan analisis regresi. Berdasarkan hasil penelitian ini, jumlah total kecelakaan lalu lintas di ruas jalan Tjilik Riwut km 1 – km 10 berjumlah 106 kecelakaan, jumlah korban luka ringan 148 jiwa, luka berat 20 jiwa, dan 15 meninggal dunia dengan total kerugian material sebesar Rp. 201.250.000,00 selama tahun 2014-2016. Lokasi daerah rawan kecelakaan ditemukan di ruas jalan Tjilik Riwut kilometer 5 dengan nilai EAN 137. Permasalahan yang ditemukan berdasarkan hasil inspeksi langsung di lokasi daerah rawan kecelakaan terkait bangunan pelengkap dan fasilitas jalan yakni tidak ada median di ruas jalan, bahu jalan tertutup rumput lebat dan terdapat banyak pepohonan besar, drainase tersumbat rerumputan dan sampah, parkir kendaraan masuk badan jalan, tidak tersedia rambu peringatan persimpangan sebelumnya ketika mendekati persimpangan, terdapat rambu yang tidak efektif karena gambarnya sudah buram, rambu terhalang pohon, ruang bebas samping pada persimpangan terhalangi oleh pepohonan dan bangunan, lampu penerangan jalan tidak beroperasi dengan baik, marka garis tengah sudah terkelupas, marka garis tepi jalan terkelupas dan tertutup pasir, penempatan tiang listrik atau telepon tidak aman dari lalu lintas, terdapat papan iklan besar di bahu jalan, permukaan jalan sebagian tertutup pasir dan barrier sebagai tempat lajur putar arah. Hasil analisis regresi menunjukkan korelasi negatif antara tingkat kecelakaan (Tk) dan tingkat pengurangan kecelakaan sehingga dapat di interpretasikan bahwa semakin baik penanganan terkait bangunan pelengkap dan fasilitas jalan maka mampu mengurangi angka kecelakaan pada lokasi daerah rawan kecelakaan sampai 17,21 % (R² = 0,1721) dan sisanya 82,79 % dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: kecelakaan, lalu lintas, keselamatan, karakteristik kecelakaan, inspeksi jalan, penanganan
Subjects: Magister Teknik Sipil > Transportasi
Divisions: Pasca Sarjana > Magister Teknik Sipil
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 16 Aug 2018 08:44
Last Modified: 16 Aug 2018 08:44
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/15493

Actions (login required)

View Item View Item