PREDIKSI SEBARAN TITIK API KEBAKARAN HUTAN GAMBUT MENGGUNAKAN WAVELET DAN BACKPROPAGATION (STUDI KASUS PROVINSI KALIMANTAN TENGAH)

Kristianti, Novera (2018) PREDIKSI SEBARAN TITIK API KEBAKARAN HUTAN GAMBUT MENGGUNAKAN WAVELET DAN BACKPROPAGATION (STUDI KASUS PROVINSI KALIMANTAN TENGAH). S2 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
MTF025860.pdf

Download (961kB)
[img] Text (BAB I)
MTF025861.pdf

Download (189kB)
[img] Text (BAB II)
MTF025862.pdf

Download (290kB)
[img] Text (BAB III)
MTF025863.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
MTF025864.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (BAB V)
MTF025865.pdf

Download (199kB)

Abstract

Salah satu penyebab dari bencana kabut asap serta kerusakan iklim khususnya di Palangka Raya, Kalimantan Tengah adalah kebakaran hutan gambut. Ada banyak kerugian yang ditimbulkan oleh bencana kabut asap ini antara lain adalah munculnya peningkatan penderita yang terkena infeksi saluran pernapasan (ISPA) karena mutu udara tercemar dan lain sebagainya. Kebakaran hutan gambut sulit diatasi karena lokasi kebakaran yang jauh dari akses. Penelitian ini berfokus dalam membangun sistem prediksi sebaran titik api kebakaran hutan gambut dengan memanfaatkan citra satelit. Dalam perancangan sistem prediksi sebaran titik api ini menggunakan wavelet orthogonal untuk pengolahan awal citra satelit dalam memetakan sebaran titik api serta metode backpropagation untuk identifikasi pola sebaran titik api dalam sistem ini. Dari hasil data pengujian yang telah dilakukan untuk prediksi titik api diperoleh citra dengan dekomposisi menggunakan wavelet Haar memiliki nilai akurasi pengenalan titik api dengan presentase tertinggi yaitu 90 %. Kebaruan dari sistem ini adalah suatu sistem prediksi sebaran titik api kebakaran hutan gambut yang dapat dimanfaatkan sebagai salah satu upaya pencegahan kebakaran hutan gambut khususnya di Palangka Raya, Kalimantan Tengah.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Prediksi titik api, kebakaran hutan gambut, wavelet orthogonal, backpropagation, Palangka Raya
Subjects: Magister Teknik Informatika > Soft Computing
Divisions: Pasca Sarjana > Magister Teknik Informatika
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 30 Aug 2018 12:40
Last Modified: 30 Aug 2018 12:40
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/15607

Actions (login required)

View Item View Item