PENGARUH DAYA TARIK PESAN IKLAN DI MEDIA SOSIAL TERHADAP MINAT BELI (Studi Eksplanatif Pengaruh Daya Tarik Pesan Iklan di Media Sosial Instagram Berrybenka Terhadap Minat Beli pada Perempuan)

Pulastha, Sotya (2018) PENGARUH DAYA TARIK PESAN IKLAN DI MEDIA SOSIAL TERHADAP MINAT BELI (Studi Eksplanatif Pengaruh Daya Tarik Pesan Iklan di Media Sosial Instagram Berrybenka Terhadap Minat Beli pada Perempuan). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (SOTYA PULASTHA)
KOM05126.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Pengguna internet yang meningkat menjadi peluang bagi suatu perusahaan untuk bersaing dalam memasarkan merek atau produknya. Komunikasi pemasaran digunakan perusahaan untuk merealisasikan strategi pemasaran sebuah produk atau merek dari perusahaan itu sendiri yang salah satunya dengan menggunakan internet yaitu media sosial. Media sosial yang digunakan suatu perusahaan dalam memasarkan produk atau merek salah satunya adalah Instagram. Data pengguna Instagram terbanyak adalah kaum perempuan yang mencapai 60% dari 700 juta pengguna di dunia. Adanya pemahaman pada pesan iklan, dapat memberikan pengetahuan lebih mengenai produk atau merek yang ditawarkan, sehingga lebih mudah bagi perusahaan untuk mendapatkan calon konsumen sampai ke tahap minat beli. Perusahaan Berrybenka yang merupakan perusahaan startup yang menjual produk fesyen juga menggunakan Instagram sebagai media untuk pemasaran. Berrybenka beriklan di timeline serta stories. Pengguna Instagram yang dapat melihat iklan Berrybenka tersebut adalah pengguna yang menjadi pengikut akun Instagram Berrybenka atau yang melakukan pencarian (search) melalui akun atau hashtag mengenai produk-produk fesyen di Instagram. Penelitian ini akan melihat pengaruh daya tarik pesan iklan di media sosial Instagram Berrybenka terhadap minat beli pada perempuan. Penelitian ini merupakan penelitian eksplanatif dengan metode penelitian survey dengan alat bantu kuesioner. Pengikut atau follower akun Instagram Berrybenka merupakan populasi dalam penelitian ini. Penelitian ini menggunakan sampel 100 orang yang terdiri dari perempuan dengan usia 20 sampai 35 tahun saja. Teori yang dipakai untuk mengkaitkan pengaruh daya tarik pesan iklan dengan minat beli adalah Hierarchy of Effects. Uji validitas, uji reliabilitas, uji korelasi Pearson, dan uji regresi dilakukan dengan menggunakan SPSS. Hasil perhitungan R yang diperoleh yaitu sebesar 0,674 atau yang artinya pengaruh daya tarik pesan iklan di media sosial Instagram Berrybenka terhadap minat beli pada perempuan adalah sangat kuat. Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa daya tarik pesan iklan di media sosial Instagram Berrybenka memiliki pengaruh terhadap minat beli pada perempuan namun dengan persentase yang rendah yaitu sebanyak 45,4%. Sedangkan persentase faktor lain yang dapat mempengaruhi minat beli pada perempuan adalah sebanyak 54,5%. Berdasarkan angka yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa daya tarik pesan iklan di media sosial Instagram Berrybenka mempengaruhi minat beli pada perempuan namun dengan angka yang rendah. Minat beli pada perempuan dapat diperoleh dari faktorfaktor lain selain daya tarik pesan iklan di media sosial Instagram baik di timeline atau stories.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Komunikasi pemasaran, Daya Tarik Pesan Iklan, Hierarchy of Effects, Minat Beli, Berrybenka
Subjects: Komunikasi > Advertising
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 05 Sep 2018 07:39
Last Modified: 05 Sep 2018 07:43
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/15678

Actions (login required)

View Item View Item