IDENTITAS VISUAL PERUSAHAAN DALAM VIDEO COMPANY PROFILE (Analisis Isi Identitas Visual Perusahaan Asuransi Astra dalam Video Company Profile pada Situs Resmi asuransiastra.com)

DHARMESTI, ASTASARI (2018) IDENTITAS VISUAL PERUSAHAAN DALAM VIDEO COMPANY PROFILE (Analisis Isi Identitas Visual Perusahaan Asuransi Astra dalam Video Company Profile pada Situs Resmi asuransiastra.com). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (ASTASARI DHARMESTI)
KOM04586.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Identitas perusahaan merupakan elemen penting dalam upaya pembentukan citra perusahaan, terlebih apabila perusahaan melakukan rebranding. Identitas perusahaan adalah presentasi diri dan perilaku perusahaan yang dimanifestikasikan ke dalam bentuk visual atau disebut sebagai identitas visual perusahaan. Elemen yang terkandung dalam identitas visual meliputi nama, logo, warna dan tipografi perusahaan. Asuransi Astra menampilkan elemen-elemen tersebut ke dalam desain perusahaan seperti seragam, peralatan kantor, kendaraan, dan bangunan perusahaan dengan memanfaatkan media audiovisual berupa video company profile. Dalam video company profile-nya Asuransi Astra menggunakan unsur sinematik dalam pembuatannya. Pada penelitian ini akan dideskripsikan identitas perusahaan Asuransi Astra yang muncul dalam video company profile. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode analisis isi untuk melihat identitas perusahaan yang muncul pada video company profile. Data yang digunakan diunggah pada situs resmi asuransiastra.com dan ditentukan unit analisisnya. Setelah itu, dilakukan proses pengkodingan oleh peneiti, pengkoder 1 dan pengkoder 2, lalu digunakan rumus Holsti untuk mengukur reliabilitas alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa identitas visual perusahaan Asuransi Astra muncul pada video company profile. Bentuk identitas visual yang ditampilkan dalam desain seragam perusahaan. Video ini juga kuat dalam menampilkan aspek penokohan yang termasuk dalam unsur sinematik. Singkatnya, video company profile Asuransi Astra muncul warna sebagai identitas perusahan yang ditampilkan pada seragam karyawan dalam melayani pelanggannya. Namun, sebaiknya sebuah video company profile memperhatikan seluruh aspek identitas perusahaan sehingga elemen identitasnya dapat disajikan secara seimbang.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Identitas Perusahaan, Video Company Profile, dan Analisis Isi.
Subjects: Komunikasi > Public Relations
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 05 Sep 2018 08:02
Last Modified: 05 Sep 2018 08:02
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/15687

Actions (login required)

View Item View Item