STRATEGI KOMUNIKASI SALES PROMOTION PT. CIPTATAMA GRIYA PRIMA DAN PT. BATAM RIAU BERTUAH DALAM MENYIASATI PENURUNAN PENJUALAN PROPERTI DI KOTA BATAM

SIBAGARIANG, RENHARD PATRECIA (2018) STRATEGI KOMUNIKASI SALES PROMOTION PT. CIPTATAMA GRIYA PRIMA DAN PT. BATAM RIAU BERTUAH DALAM MENYIASATI PENURUNAN PENJUALAN PROPERTI DI KOTA BATAM. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (RENHARD PATRECIA SIBAGARIANG)
KOM05400.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Sales promotion merupakan salah satu jenis pemasaran dalam promotional mix yang diwujudkan sebagai bentuk komunikasi untuk menjalankan sebuah pemasaran. Sales promotion memiliki tujuan untuk mendorong sebuah penjualan secara segera dengan menarik minat konsumen lewat sebuah nilai. Hal ini menjadikan sales promotion dimanfaatkan sebagai sebuah komponen dalam menyiasati kondisi tertentu untuk menjalankan roda bisnis sebuah perusahaan. Penelitian ini menggunakan metode wawancara dan dokumentasi. Informan dari penelitian ini adalah manajer marketing dan staff marketing PT. Ciptatama Griya Prima dan PT. Batam Riau Bertuah. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan metode penelitian deskriptif. Penelitian ini dilakukan untuk melihat strategi komunikasi PT. Ciptatama Griya Prima dan PT. Batam Riau Bertuah dalam menjalankan sales promotion pada kondisi penurunan penjualan properti di Kota Batam. Strategi komunikasi dirancang dengan memperhatikan pemanfaatan media, perancangan sebuah konten (pesan dan nilai), penentuan target konsumen dan periode waktu sales promotion. Perbedaan kelas ekonomi perusahaan antara PT. Ciptatama Griya Prima (menengah atas) dan PT. Batam Riau Bertuah (menengah) menghasilkan strategi komunikasi sales promotion yang berbeda. PT. Ciptatama Griya Prima sebagai sebuah perusahaan properti kelas menengah atas memiliki strategi komunikasi sales promotion dengan prinsip efektivitas, sementara PT. Batam Riau Bertuah sebagai sebuah perusahaan properti kelas menengah memiliki strategi komunikasi sales promotion dengan prinsip efisiensi. Pada akhirnya, kesimpulan dari penelitian ini adalah strategi komunikasi antara kedua perusahaan adalah efektivitas dan efisiensi yang dapat dilihat dari cara pemanfaatan media.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Sales Promotion, Penurunan Penjualan Properti, Efektivitas dan Efisiensi
Subjects: Komunikasi > Advertising
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 05 Sep 2018 09:55
Last Modified: 05 Sep 2018 09:55
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/15698

Actions (login required)

View Item View Item