STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DALAM MEMPERTAHANKAN BRAND AWARENESS KEDAI KOPI DI YOGYAKARTA (Studi Kasus Kedai Filosofi Kopi Yogyakarta)

KATRESNAN, DARA PUNDAN (2018) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DALAM MEMPERTAHANKAN BRAND AWARENESS KEDAI KOPI DI YOGYAKARTA (Studi Kasus Kedai Filosofi Kopi Yogyakarta). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (DARA PUNDAN KATRESNAN)
KOM05513.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Kemunculan kedai kopi yang mulai menjamur di kota-kota besar, Yogyakarta adalah satu di antara kota besar di Indonesia yang ikut merasakan fenomena kemunculan kedai-kedai kopi tersebut. Dari data yang didapatkan, terhitung lebih dari 200 kedai kopi tersebar di Daerah Istimewa Yogyakarta di mulai pada tahun 2012 hingga tahun 2017. Pesatnya pertumbuhan kedai kopi di Yogyakarta menyebabkan terjadinya kompetisi kuat dalam bisnis ini. Pengelola kedai kopi harus berupaya melakukan berbagai strategi dalam memasarkan produk ataupun mereknya untuk mempertahankan brand awareness kedainya, karena kesadaran merek adalah ukuran kekuatan eksistensi suatu merek di benak pelanggan. Berdasarkan hasil analisis data, peneliti menemukan bahwa terdapat relevansi anatara teori yang digunakan dengan hasil temuan data. Kedai Filosofi Kopi Yogyakarta yang sudah memiliki tingkat kesadaran tertinggi dibenak khalayak melalui film Filosofi Kopi 2, memiliki strategi lain untuk mempertahankan brand awareness kedainya ketika film sudah tidak lagi ditayangkan. Media-media baru yang digunakan kedai Filosofi Kopi Yogyakarta seperti Instagram dan Youtube menyesuaikan dengan target yang ingin disasar oleh kedai, yaitu masyarakat umum Yogyakarta dan mahasiswa. Penelitian ini menggunakan metode studi deskriptif kualitatif guna memaparkan hasil temuan data yang ditemukan dilapangan yang kemudian dikaitkan dengan teori-teori yang digunakan untuk menganalisisnya. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan wawancara dilengkapi dengan triangulasi data untuk kepentingan keabsahan data temuan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Komunikasi pemasaran, brand awareness, meraih dan mempertahankan brand awareness.
Subjects: Komunikasi > Advertising
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 05 Sep 2018 10:01
Last Modified: 05 Sep 2018 10:01
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/15699

Actions (login required)

View Item View Item