ADVERTORIAL DI MEDIA ONLINE ALTERNATIF GENERASI MILENIAL (Studi Deskriptif Kualitatif Penyajian Advertorial di Brilio.net & Hipwee Edisi Januari 2018)

PUTRA, DIMAS SATRIA (2018) ADVERTORIAL DI MEDIA ONLINE ALTERNATIF GENERASI MILENIAL (Studi Deskriptif Kualitatif Penyajian Advertorial di Brilio.net & Hipwee Edisi Januari 2018). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (DIMAS SATRIA PUTRA)
KOM04902.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara Brilio.net dan Hipwee sebagai media online alternatif generasi milenial menerapkan Pedoman Pemberitaan Media Siber (PPMS) pada advertorialnya serta mengungkap latar belakang Brilio.net dan Hipwee menggunakan cara masing-masing dalam penyajian advertorialnya. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kualitatif yang mendeskripsikan dan menganalisis periklanan di media online alternatif generasi milenial secara apa adanya tanpa campur tangan peneliti. Objek dalam penelitian ini adalah Brilio.net dan Hipwee yang merupakan bagian media online alternatif generasi milenial. Subjek yang dipakai dalam penelitian ini adalah pihak-pihak yang terlibat dalam penyajian advertorial di media masing-masing, seperti mantan redaktur iklan Brilio.net, pemimpin redaksi Hipwee, kepala rumah tangga Hipwee, dan editor konten iklan Hipwee. Advertorial yang digunakan sebagai sampel adalah edisi bulan Januari. Pengambilan sampel tersebut mewakili kebaruan dan keberagaman bentuk advertorial yang tersaji di Brilio.net dan Hipwee. Pedoman Pemberitaan Media Siber (PPMS) dari Dewan Pers dipakai untuk melihat cara Brilio.net dan Hipwee mengemas advertorialnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam penyajian advertorialnya, Brilio.net tidak sesuai dengan PPMS. Sedangkan advertorial Hipwee sesuai dengan PPMS. Keduanya memiliki alasan yang berbeda juga dalam menerapkan cara periklanannya.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: deskriptif kualitatif, advertorial, media online generasi milenial, Pedoman Pemberitaan Media Siber.
Subjects: Komunikasi > Advertising
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 05 Sep 2018 12:39
Last Modified: 05 Sep 2018 12:39
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/15712

Actions (login required)

View Item View Item