PERENCANAAN DAN IMPLEMENTASI PROGRAM KEHUMASAN UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA (Studi Deskriptif Kualitatif Pada Video Company Profile Universitas Atma Jaya Yogyakarta Edisi 2017)

SIMANJUNTAK, DEDI (2018) PERENCANAAN DAN IMPLEMENTASI PROGRAM KEHUMASAN UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA (Studi Deskriptif Kualitatif Pada Video Company Profile Universitas Atma Jaya Yogyakarta Edisi 2017). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (DEDI SIMANJUNTAK)
KOM04819.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Universitas, institut, politeknik, sekolah tinggi, dan akademi merupakan bentuk dari perguruan tinggi yang ada di Indonesia. Banyaknya perguruan tinggi yang berdiri, membuat perguruan tinggi perlu untuk “bersaing” guna mendapatkan citra positif dari publik, layaknya seperti perusahaan bisnis pada umumnya. Jika becermin di dunia perusahaan bisnis pada umumnya, persaingan sangatlah lazim terjadi begitu juga dengan perguruan tinggi. Tidak jauh berbeda dengan perusahaan, perguruan tinggi juga membutuhkan strategi yang dikelola oleh humas dalam memasarkan produk atau jasa yang ditawarkan kepada publik atau stakeholder perguruan tinggi. Salah satu strategi yang dilakukan oleh perguruan tinggi adalah dengan membuat program video company profile. Universitas Atma Jaya sebagai perguruan tinggi swasta juga memiliki program company profile untuk meningkatkan citra positif. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan menggunakan metode studi kasus yang membahas suatu fenomena secara spesifik. Studi kasus memiliki pengertian strategi penelitian dimana di dalamnya peneliti menyelidiki secara cermat suatu program, peristiwa, aktivitas, proses atau kelompok individu. Subjek penelitian dalam penelitian ini yaitu KHSP (Kantor Humas Sekretariat dan Protokol) Universitas Atma Jaya Yogyakarta, Kepala Lab Avi, Laboran Lab. Avi yang berperan sebagai tim produksi video company profile UAJY edisi 2017. Pada akhirnya, diketahui proses perencanaan dan implementasi video company profile UAJY edisi 2017 melalui beberapa tahapan, yaitu perencanaan konsep yang dilakukan oleh Kepala KHSP. Adapun konsep yang diangkat oleh Kepala KHSP adalah nilai-nilai dan visi misi UAJY. Kemudian Kepala KHSP menunjuk Lab Avi untuk memproduksi video company profile dengan tim yang dibentuk langsung oleh Kepala Lab Avi. Setelah tim terbentuk, KHSP rapat menyusun proses implementasi. Pada proses implementasi, tim mengalami beberapa kendala teknis dalam pelaksanaannya. KHSP sendiri di beberapa aspek perencanaan belum mendesainnya secara detil, sebagai contoh perencanaan tokoh dan suara. Perencanaan dilakukan pada saat implementasi dilaksanakan. KHSP sebaiknya dalam program selanjutnya melakukan perencanaan secara detil meskipun secara teori KHSP sudah melakukan perencanaan yang ideal.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Program Humas, Video Company profile, Studi Deskriptif
Subjects: Komunikasi > Public Relations
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 05 Sep 2018 13:13
Last Modified: 05 Sep 2018 13:16
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/15719

Actions (login required)

View Item View Item