KONSEP PUBLIC RELATIONS PT. DBL INDONESIA (Kasus pada Divisi Public Media Relations)

Handayani, Mike (2018) KONSEP PUBLIC RELATIONS PT. DBL INDONESIA (Kasus pada Divisi Public Media Relations). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Mike Handayani)
KOM04925.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui konsep public relations di PT. DBL Indonesia. Pada penelitian ini membahas mengenai definisi, fungsi, peran, aktivitas, dan model komunikasi public relations. Penelitian ini dikaitkan dengan praktiknya di PT. DBL Indonesia yang bergerak pada management sport. Penulis melihat pada penelitian ini keberhasilan yang di raih perusahaan dengan melihat dari cara kerja public relations. Penelitian ini termasuk kedalam penelitian deskriptif kualitatif dengan jenis studi kasus. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini dengan wawancara, teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan dilanjutkan dengan penarikan kesimpulan. Data yang didapatkan melalusi hasil wawancara dan observasi, yang dilakukan kepada dua orang yang dianggap penting dalam jalanya perusahaan ini yaitu Azrul Ananda sebagai founder PT. DBL Indonesia dan Donny Rahardian selaku senior event manager Hasil penelitian menunjukan bahwa konsep public relations yang dijalankan merupakan fungsi komunikasi. Praktisi menjalankan peran berkaitan dengan teknisi komunikasi yang mewajibkan setiap praktisi memiliki skill komunikasi serta kinerjanya berhubungan dengan media partner. Serta praktisi public relations sebagai fasilitator komunikasi, praktik kerja yang dilakukan berkaitan dengan official partner perusahaan. Keberhasilan perusahaan ini juga di dukung dari publik yang dimiliki seperti: official partner, peserta, pemerintah, karyawan, penonton umum dan media. Praktisi bertugas sebagai jembatan komunikasi antar kedua pihak dapat menjalin komunikasi secara dua arah serta saluran komunikasi terbuka. Pada praktiknya yang akan menjadi bahan pertimbangan manajemen kepada pengambilan keputusan seperti beberapa contoh yang pernah dihadapi perusahaan ini. Pada praktik praktisi public relations di PT. DBL Indonesia berelasi dengan para publiknya, aktivitas yang dijalankan masih terlihat sederhana karena hanya untuk menunjang divisi lain.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: management sport, fungsi dan peran public relations, model komunikasi.
Subjects: Komunikasi > Public Relations
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 06 Sep 2018 08:37
Last Modified: 06 Sep 2018 08:37
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/15727

Actions (login required)

View Item View Item