STRATEGI KOMUNIKASI PERSONAL SELLING SMARA LIVING (Studi Deskriptif Kualitatif tentang Strategi Komunikasi Personal Selling di CV. SMARA LIVING )

TIRTATAMA, SATIO (2018) STRATEGI KOMUNIKASI PERSONAL SELLING SMARA LIVING (Studi Deskriptif Kualitatif tentang Strategi Komunikasi Personal Selling di CV. SMARA LIVING ). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (SATIO TIRTATAMA)
KOM04349.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi personal selling di CV. SMARA LIVING . Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi-strategi komunikasi dilakukan di dalam aktivitas personal selling oleh tenaga penjual kepada klien atau calon konsumen agar tercipta penjualan produk. Penelitian ini menggunakan penelitian dengan studi deskriptif dengan metode penelitian kualitatif. Pengambilan data dilakukan dengan wawancara mendalam kepada divisi marketing serta tenaga penjual dari SMARA LIVING. Berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan, SMARA LIVING mempunyai perencanaan, implementasi serta evaluasi strategi komunikasi dalam personal selling. SMARA LIVING melakukan strategi komunikasi yang meliputi repetition, canalizing, informatif, persuasif dan edukatif. Strategi-strategi komunikasi tersebut dilakukan untuk mendapatkan perhatian ( attention ), minat ( interest ), hasrat ( desire ), tindakan ( action ) dan kepuasan ( satisfaction ) dari klien atau calon konsumen. Tenaga penjual SMARA LIVING melakukan beberapa teknik dalam proses personal selling yaitu pendekatan ( approach ), presentasi ( presentation ), mengatasi keberatan ( handing objection ), menutup penjualan ( closing ) dan tindak lanjut ( follow-up ). Teknik-teknik tersebut dilakukan secara bertahap sesuai dengan kondisi komunikasi tatap muka yang berlangsung dengan calon konsumen. Evaluasi yang didapatkan di dalam penelitian ini adalah diharuskan adanya pelatihan lebih lanjut mengenai pembekalan pengetahuan produk SMARA LIVING oleh tenaga penjual agar dapat memudahkan calon konsumen dalam menentukan pilihan serta melatih cara persuasi yang lebih efektif ketika menghadapi klien atau calon konsumen.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: strategi, komunikasi pemasaran, personal selling , tenaga penjual
Subjects: Komunikasi > Advertising
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 06 Sep 2018 08:41
Last Modified: 06 Sep 2018 08:41
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/15729

Actions (login required)

View Item View Item