“PENGARUH TERPAAN INFORMASI MELALUI INSTAGRAM TERHADAP MOTIF PEMBELIAN DAN SIKAP KONSUMEN”. (Studi Eksplanatif Pengaruh Terpaan Informasi Melalui Instagram @Salestockindonesia Terhadap Tingkatan Motif Pembelian Produk Fashion Sales Stock dan Sikap Konsumen pada Informasi dikalangan Follower @Salestockindonesia)

Wijaya, Yudha Rahma (2018) “PENGARUH TERPAAN INFORMASI MELALUI INSTAGRAM TERHADAP MOTIF PEMBELIAN DAN SIKAP KONSUMEN”. (Studi Eksplanatif Pengaruh Terpaan Informasi Melalui Instagram @Salestockindonesia Terhadap Tingkatan Motif Pembelian Produk Fashion Sales Stock dan Sikap Konsumen pada Informasi dikalangan Follower @Salestockindonesia). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (YUDHA RAHMA WIJAYA)
KOM04504.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Perilaku pengguna internet di Indonesia yang sering mengakses jejaring sosial telah membuka peluang bagi situs jual beli online untuk menjadikan media sosial sebagai tempat paling strategis memasarkan sebuah produk dalam menjangkau konsumen dimasa mendatang serta membangun merek agar dikenal luas. Salah satu bisnis online yang memanfaatka media sosial adala PT Sales Stock Indonesia. PT Sale Stock Indonesia merupakan salah satu perusahaan e-commerce startups dibidang fashion wanita yang di dirikan pada akhir tahun 2014 dan menggunakan media Instagram sebagai kegiatan dalam mempromosikan dan menyebarkan informasi akan produk fashion yang berupa pakaian wanita dan laki-laki ,dress, sepatu, accessoris, kosmetik dan lain-lainya kepada para followernya Penggunaan sosial media yakni Instagram sebagai alat komunikasi pemasaran dapat dijadikan sebuah patokan (referensi) orang melakukan sesuatu dan menentukan sikap ( Abdullah, 2017 : 95). Karena, banyaknya pengguna (user) yang mengakses jejaring sosial instagram secara terus- menerus dan berkala untuk mencari sebuah informasi akan mempermudah pemasar dalam memberikan sebuah informasi yang akan berdampak pada motif pembelian yang mendorong individu untuk melakukan suatu perilaku untuk memenuhi kebutuhannya( Suryani,2013 : 22 ) serta sikap untuk merespon terhadap suatu obyek Jenis Penelitian ini yakni Studi eksplanatif yang menjabarkan sebuah hubungan pengaruh antara terpaan informasi dengan motif pembelian dan sikap konsumen dikalangan follower @salestockindonesia dengan populasi 278.960 ribu follower dan sampel 100 responden. Pengumpulan data pada penelitian ini dengan menggunakan kuisioner online yakni google docs. Metode Analisis data yang digunakan dengan metode analisis regresi sederhana dengan rumus Y= a + bY. Berdasarkan hasil metode analisis regresi sederhana menunjukan bahwa terpaan informasi yang disebarkan melalui media instagram terdapat sebuah pengaruh antara variabel bebas (X) Terpaan informasi melalui Instagram terhadap variabel terikat Y1 tingkatan motif pembelian sebesar 11,6 % dan sikap konsumen pada informasi konsumen sebesar 24,6%

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Media Instagram,Penggunaan sosial media, terpaan informasi, Stimulus respon
Subjects: Komunikasi > Advertising
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 06 Sep 2018 08:45
Last Modified: 06 Sep 2018 08:45
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/15731

Actions (login required)

View Item View Item