JURNALISME ONLINE DI MEDIA LOKAL (Studi Perbandingan Karakteristik Media Online Lokal Radarjogja.co.id dan Bernas.id Dalam Menyajikan Konten Berita Online)

Setiawan, Verda Nano (2018) JURNALISME ONLINE DI MEDIA LOKAL (Studi Perbandingan Karakteristik Media Online Lokal Radarjogja.co.id dan Bernas.id Dalam Menyajikan Konten Berita Online). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Verda Nano Setiawan)
KOM04772.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengenai jurnalisme online di media lokal: Studi perbandingan karakteristik media online lokal Radarjogja.co.id dan Bernas.id dalam menyajikan konten berita online. Hal ini terkait dengan perbedaan dari masing-masing media online tersebut, salah satunya yaitu dalam hal meng-update konten berita online. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analitis dengan wawancara mendalam terhadap empat narasumber yaitu Destiani selaku Konten Manager di Bernas.id, Aloysia Nindya Paramita selaku Penulis Konten Bernas.id, kemudian Fiqe Nabilla Balqis selaku Admin web Radarjogja.co.id dan Amin Surachmad selaku Pemimpin Redaksi Radarjogja.co.id. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media online Bernas.id mempunyai karakteristik yang jauh berbeda dibandingkan Radarjogja.co.id dalam menyajikan konten berita online. Hal ini bisa diketahui dari waktu update konten berita di Bernas.id yang dilakukan setiap 10 menit sekali di laman web Bernas.id setiap harinya, sedangkan Radarjogja.co.id dalam hal meng-update konten berita online hanya mengandalkan berita-berita yang ada di redaksi cetak, sehingga berita-berita yang ditampilkan di laman web Radarjogja.co.id cenderung kurang up to date. Untuk pelaporan fakta secara cepat Bernas.id telah mampu menerapkan kecepatan dalam memberitakan suatu berita/peristiwa yang sedang terjadi sedangkan Radarjogja.co.id belum dapat memenuhinya, hal ini bisa dilihat dari kurangnya SDM yang bekerja untuk bagian divisi Online. Dalam pemanfaatan unsur multimedia, Bernas.id sudah memanfaatkan unsur multimedia untuk menunjang kebutuhan penyajian berita online sedangkan Radarjogja.co.id masih belum memaksimalkan fungsi multimedia secara penuh. Sebagai media lokal fokus pemberitaan yang dilakukan oleh Radarjogja.co.id adalah peristiwa yang terjadi di lingkup lokal, sedangkan Bernas.id fokus pemberitaannya lebih ke isu nasional.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Jurnalisme Online, Media Online, Radarjogja.co.id, Bernas.id
Subjects: Komunikasi > Jurnalisme
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 06 Sep 2018 08:58
Last Modified: 06 Sep 2018 08:58
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/15733

Actions (login required)

View Item View Item