PENGARUH OUTSIDE FINANCING TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN (Studi Empiris pada Perusahaan yang Terdaftar di BEI Tahun 2013-2015)

Sentosa, Nita Oktavia (2018) PENGARUH OUTSIDE FINANCING TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN (Studi Empiris pada Perusahaan yang Terdaftar di BEI Tahun 2013-2015). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Nita Oktavia Sentosa)
EA21159.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Keputusan pendanaan merupakan hal yang sangat penting untuk diperhatikan oleh perusahaan. Outside financing atau pendanaan dari luar perusahaan merupakan salah satu alternatif yang dapat dipilih ketika sumber dana internal sudah tidak mampu lagi mencukupi kebutuhan dana perusahaan. Pelaporan keuangan berhubungan dengan seluruh kinerja perusahaan yang tergambar dari laba. Suatu laporan keuangan yang berkualitas sangat diperlukan karena berguna untuk menyediakan informasi keuangan tentang entitas pelapor yang berguna untuk investor saat ini, dan investor potensial, pemberi pinjaman, dan kreditor lainnya dalam membuat keputusan tentang penyediaan sumber daya kepada entitas. Dalam hal ini, pendanaan merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi kualitas laba. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan bukti empiris mengenai pengaruh pendanaan dari luar yang berupa pendanaan utang (debt financing) dan pendanaan ekuitas (equity financing) terhadap kualitas laporan keuangan. Sebanyak 172 sampel terpilih dalam penelitian ini terdiri dari perusahaan yang terdaftar di BEI selama periode 2013-2015 diperoleh dengan menggunakan metode purposive sampling. Pengujian dilakukan dengan metode analisis regresi berganda. Kualitas pelaporan keuangan pada penelitian ini diukur dengan menggunakan proksi Dechow dan Dichev (2012) Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa debt financing dan equity financing terbukti berpengaruh negatif terhadap kualitas laporan keuangan. Selain itu, berkaitan dengan ukuran perusahaan, semakin besar ukuran suatu perusahaan menunjukkan semakin rendah kualitas laporan keuangannya.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Debt financing, Equity financing, Kualitas Laporan Keuangan, Kualitas Laba.
Subjects: Akuntansi > Akuntansi Keuangan
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 06 Sep 2018 09:22
Last Modified: 06 Sep 2018 09:22
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/15739

Actions (login required)

View Item View Item