UPAYA LEMBAGA KONSUMEN YOGYAKARTA (LKY) DALAM PENYELESAIAN SENGKETA KONSUMEN DENGAN PELAKU USAHA

Agas, Saverinus Suhardi (2018) UPAYA LEMBAGA KONSUMEN YOGYAKARTA (LKY) DALAM PENYELESAIAN SENGKETA KONSUMEN DENGAN PELAKU USAHA. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (SAVERINUS SUHARDI AGAS)
SOS04483.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang upaya Lembaga Konsumen Yogyakarta (LKY) dalam menyelesaikan sengketa konsumen dengan pelaku usaha. Penelitian bertujuan mengetahui syarat serta prosedur LKY bagi konsumen maupun pelaku usaha yang ingin melakukan penyelesaian sengketa melalui LKY dan untuk mengetahui berbagai kendala LKY dalam melakukan penyelesaian sengketa. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Penelitian dilakukan di LKY yang berlokasi di Jl. Sriti No 20 G Demangan, Catur Tunggal, Depok, Sleman, Yogyakarta. Informan penelitian merupakan seluruh staf Bidang Pengaduan LKY. Berdasarkan hasil temuan di lapangan, LKY sebagai fasilitator dan mediator memiliki syarat yang wajib diikuti oleh pihak pelapor yaitu pelapor merupakan konsumen yang dirugikan dalam aktivitas jual beli barang atau jasa dan bersedia melakukan penyelesaian sengketa secara mediasi. Selain itu, LKY memiliki prosedur dan tahapan sebelum dilanjutkan ke proses negosiasi antara kedua belah pihak yang bersengketa. Dalam melakukan penyelesaian sengketa, LKY tidak terlepas dari berbagai hambatan yang disebabkan oleh faktor eksternal (konsumen dan pelaku usaha) dan faktor internal (berasal dari dalam lembaga).

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Konsumen, pelaku usaha, LKY, penyelesaian sengketa
Subjects: Sosiologi > Business
Divisions: Fakultas ISIP > Sosiologi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 06 Sep 2018 09:20
Last Modified: 06 Sep 2018 09:20
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/15740

Actions (login required)

View Item View Item