PERMASALAHAN DI PASAR TRADISIONAL (Studi Kasus pada Pasar Kranggan Kota dan Pasar Sambilegi Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta)

Kia, Siprianus Rahesti (2018) PERMASALAHAN DI PASAR TRADISIONAL (Studi Kasus pada Pasar Kranggan Kota dan Pasar Sambilegi Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Siprianus Rahesti Kia)
SOS04484.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Perkembangan pasar di Yogyakarta semakin luas seiring dengan perkembangan ekonominya. Menurut klasifikasinya, saat ini pasar dapat dibedakan menjadi dua yaitu, pasar modern dan pasar tradisional. Akan tetapi, perkembangan pasar modern di Yogyakarta meningkat lebih pesat dibandingakan perkembangan pasar tradisionalnya. Pembangunan pasar modern yang berkembang pesat, dirasakan oleh banyak pihak berdampak terhadap eksistensi pasar tradisional dan para pelaku usaha sejenis disekitarnya. Keberhasilan suatu organisasi sangat dipengaruhi oleh hal yang bersifat sosiologis seperti halnya peran sosiologi dalan penelitian. Peran sosiologis merupakan kualitas pengalaman yang bersifat obyektif mengenai lingkungan internal organisasi, mencakup penelitian permasalahan di pasar tradisinal, studi kasus pada pasar Kranggan kota dan pasar Sambilegi Sleman DIY. Keberhasilan organisasi dipengaruhi juga oleh peran sosiologi. Peran sosiologi organisasi jauh lebih penting daripada faktor-faktor teknologi, atau teknik-teknik semata-mata dalam menciptakan suatu organisasi yang efektif. Hal ini disebabkan karena suatu peran itu merupakan faktor sosiologi dalam diri manusia. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana profil pengelola pasar dan permasalahan yang terdapat di Pasar Kranggan dan Pasar Sambilegi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian yang tipe penelitiannya adalah deskriptif kuantitatif mengunakan kuesioner dan analisa data dari hasil olah data uji frequensi spss.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: permasalahan di pasar tradisional.
Subjects: Sosiologi > Business
Divisions: Fakultas ISIP > Sosiologi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 06 Sep 2018 09:42
Last Modified: 06 Sep 2018 09:42
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/15746

Actions (login required)

View Item View Item