PENGARUH KINERJA KEUANGAN DAN STUKTUR KEPEMILIKAN PERUSAHAAN TERHADAP PENGUNGKAPAN PELAPORAN KEUANGAN

Cintantya, Victoria Widiyuta (2018) PENGARUH KINERJA KEUANGAN DAN STUKTUR KEPEMILIKAN PERUSAHAAN TERHADAP PENGUNGKAPAN PELAPORAN KEUANGAN. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Victoria Widiyuta Cintantya)
EA20880.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari kinerja keuangan dan struktur kepemilikan perusahaan terhadap pengungkapan pelaporan keuangan. Kinerja keuangan berfokus pada profitabilitas dan diproyeksikan menggunakan ROA (Return on Assets), struktur kepemilikan perusahaan menggunakan kepemilikan manajerial dan institusional dengan membagi jumlah kepemilikan dengan total saham yang beredar, sedangkan pengungkapan pelaporan keuangan menggunakan indeks yang membandingkan item yang diungkapkan dengan item maksimal yang diungkapkan menurut acuan GRI-4 sektor konstruksi, property, dan real estate. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah perusahaan konstruksi, property, dan real estate terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2014 – 2016. Melalui kriteria yang telah ditentukan, diperoleh total 30 perusahaan. Hasil uji regresi yang dilakukan menghasilkan profitabilitas tidak berpengaruh positif terhadap pengungkapan pelaporan keuangan. Kepemilikan manajerial tidak memiliki pengaruh negatif terhadap pengungkapan pelaporan keuangan. Kepemilikan institusional memiliki pengaruh positif terhadap pengungkapan pelaporan keuangan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: profitabilitas, kepemiikan institsusional, kepemilikan manajerial, pengungkapan pelaporan keuangan.
Subjects: Akuntansi > Akuntansi Keuangan
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 06 Sep 2018 10:15
Last Modified: 06 Sep 2018 10:15
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/15749

Actions (login required)

View Item View Item