PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN PENDAFTARAN PASIEN DENGAN METODE SIX SIGMA DI RSU SANTA MARIA CILACAP

NUGRAHA, NIKOLAUS ANDIKA PRASKA (2018) PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN PENDAFTARAN PASIEN DENGAN METODE SIX SIGMA DI RSU SANTA MARIA CILACAP. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (NIKOLAUS ANDIKA PRASKA NUGRAHA)
TI07932.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Rumah Sakit Umum Santa Maria Cilacap merupakan rumah sakit umum yang memberikan pelayanan kesehatan umum dan spesialistik dengan pelayanan gawat darurat 24 jam. Rumah sakit ini terletak di Jalan Ahmad Yani nomor 38 Cilacap Selatan, Jawa Tengah dengan nomor telepon (0282) 534859. RSU Santa Maria Cilacap memiliki Yayasan Mediatrix yang resmi didirikan pada tanggal 19 Mei 2003. Berdasarkan observasi yang telah dilakukan oleh peneliti dari kuesioner servqual pada bulan Februari - Maret 2018 rata-rata persentase ketidakpuasan konsumen yang ada sebesar 15 %. Dari hasil, maka permasalahan ini dijadikan proyek six sigma. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatan kualitas pelayanan pendaftaran rumah sakit dengan metode six sigma di RSU Santa Maria Cilacap, dengan mengidentifikasi nilai DPMO dan nilai sigma dari kualitas pelayanan pendaftaran sehingga level sigma rumah sakit dapat ditingkatkan, menentukan faktor penyebab timbulnya produk cacat, memberikan usulan perbaikan untuk meningkatkan kepuasan konsumen dan melakukan implementasi perbaikan untuk mengevaluasi nilai six sigma sebelum dan sesudah implementasi dilakukan. Pada tahap define dibuat diagram SIPOC dan dari pembuatan CTQ diperoleh 26 CTQ. Pada tahap measure diperoleh rata-rata nilai sigma saat ini sebesar 2.54 dengan rata-rata nilai DPMO sebesar 151410,26 Dari analisis dan kesepakatan dengan pihak rumah sakit ditetapkan untuk memperbaiki penyebab masalah yang nilai sigma dan DPMO yang kurang dari rata-rata dan terdapat 9 atribut yang di bawah rata-rata yaitu 6 unsur ketersediaan fasilitas dan 3 unsur profesionalitas staf bagian pendaftaran yang kemudian dianalisis penyebab ketidakpuasan konsumen pada atribut tersebut dengan menggunakan analisis diagaram sebab akibat. Berdasarkan 9 atribut tersebut, penyebab masalah tersebut langsung diusulkan perbaikannya.dan sebagian besar diterapkan usulan tersebut sesuai kemampuan rumah sakit. Solusi perbaikan yang dihasilkan dari analisis tersebut adalah dengan memperbaiki penyebab masalah yang timbul baik secara langsung maupun preventif. Dan dengan perbaikan tersebut, nilai DPMO menurun signifikan menjadi 61481,48 sedangkan nilai sigma mengalami kenaikan signifikan menjadi 3.07 setelah implementasi. Dengan begitu metode six sigma merupakan metode yang dapat meningkatkan kualitas jasa di RSU Santa Maria Cilacap bagian pendaftaran agar dapat meningkatkan kepuasan konsumen.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Six Sigma, DMAIC, Servqual, Kualitas jasa, Pelayanan pendaftaran pasien
Subjects: Teknik Industri > Sistem Kerja
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 07 Sep 2018 08:30
Last Modified: 07 Sep 2018 08:30
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/15785

Actions (login required)

View Item View Item