STUDI WAKTU PERJALANAN, TUNDAAN, DAN FAKTOR MUAT BUS EKONOMI TRAYEK YOGYAKARTA - SOLO

TURNIP, RIO AGUS SETYAWAN (2018) STUDI WAKTU PERJALANAN, TUNDAAN, DAN FAKTOR MUAT BUS EKONOMI TRAYEK YOGYAKARTA - SOLO. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (RIO AGUS SETYAWAN TURNIP)
TS15421.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Salah satu jurusan bus yang banyak di gunakan masyarakat Yogyakarta adalah bus jurusan Yogyakarta – Solo yaitu dengan bus ekonomi. Untuk memberikan pelayanan yang terbaik tentunya bus jurusan Yogyakarta – Solo perlu memperhatikan waktu perjalanan, tundaan perjalanan, dan faktor muat bus yang terjadi sehingga akan memepengaruhi terhadap lama perjalanan yang ditempuh penumpang dan kenyamanan penumpang. Cara melakukan survei lapangan yaitu dengan mencatat waktu perjalanan, waktu tundaan, dan faktor muat penumpang terhadap bus ekonomi trayek Yogyakarta – Solo yang dilaksanakan dalam 3 hari yaitu pada Sabtu 24 Maret 2018, Senin 2 April 2018, Kamis 5 April 2018, dan dilakukan 3 kali pada jam sibuk pagi, siang, dan sore hari. Mengumpulkan data dari Kemenhub yaitu operasional bus dan kapasitas bus. Berdasarkan hasil analisis menunjukkan bahwa rata – rata waktu perjalanan untuk menempuh trayek Yogyakarta – Solo hari Sabtu sebesar 2 jam 30 menit, waktu tundaan rata – rata sebesar 19 menit 45 detik, dan faktor muat penumpang rata - rata sebesar 77%. Pada hari Senin waktu perjalanan rata – rata sebesar 2 jam 32 menit, waktu tundaan rata - rata sebesar 17 menit 8 detik, dan faktor muat penumpang rata – rata sebesar 84%. Waktu perjalanan hari Kamis rata – rata sebesar 2 jam 42 menit, waktu tundaan rata – rata sebesar 17 menit 58 detik, dan faktor muat penumpang rata - rata sebesar 58%. Dari hasil analisis memang telah terjadi penyimpangan waktu atau keterlambatan yang disebabkan dari waktu tundaan yang berbeda dari bus Sedya Utama dan bus Langsung Jaya. Namun setelah dianalisis dengan statistik uji-t, waktu tundaan bus Sedya Utama dan bus Langsung Jaya relatif sama sehingga perbedaan masih dapat diterima.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: waktu perjalanan, waktu tundaan, faktor muat penumpang (load factor), titik berhenti, waktu berangkat, dan waktu tiba.
Subjects: Sipil > Transportasi
Sipil > Transportasi
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 07 Sep 2018 12:19
Last Modified: 07 Sep 2018 12:19
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/15817

Actions (login required)

View Item View Item