ANALISIS KINERJA RUAS JALAN (Studi Kasus : Jalan Palagan Tentara Pelajar didepan Indoluxe Hotel, Yogyakarta)

SIMANJUNTAK, KEVIN ROSIHOL SALOMO (2018) ANALISIS KINERJA RUAS JALAN (Studi Kasus : Jalan Palagan Tentara Pelajar didepan Indoluxe Hotel, Yogyakarta). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (KEVIN ROSIHOL SALOMO SIMANJUNTAK)
TS15641.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Kota Yogyakarta merupakan salah Provinsi yang di juluki kota dengan sejuta pesona pariwisatanya karena dikota ini terdapat banyak lokasi wisata seperti gunung merapi, pantai parangtritis dan wisata malioboro. Hal ini akan membawa dampak peningkatan penggunaan kendaraan bermotor diYogyakarta, sehingga terjadi peningkatan volume arus kendaraan setiap harinya diYogyakarta yang nantinya akan menyebabkan kemacetan lalu lintas yang diakibatkan dari peningkatan volume arus lalu lintas yang tidak imbangi dengan kapasitas ruas jalan. Salah satu jalan yang setiap harinya dilewati oleh para pengendara yaitu Jalan Palagan Tentara Pelajar yang statusnya merupakan jalan kota berdasarkan Keputusan Walikota DIY nomor 214/Kep/2013 tentang Penetapan Ruas – Ruas Jalan Menurut Kelasnya Di kota Yogyakarta dimana pangkal ruas jalan ini dimulai dari simpang 4 pingit dan berakhir di simpang 4 jlagran yang merupakan ujung ruas jalan. Menurut Manual Kapasitas Jalan Indonesia tahun 1997 (MKJI 1997) jalan Palagan Tentara Pelajar tergolong sebagai jalan perkotaan yang setiap harinya di lalui kendaraan, sehingga perlu adanya evaluasi kinerja jalan berdasarkan MKJI 1997 agar dapat meningkatkan kinerja diruas jalan palagan tentara pelajar didepan Indoluxe Hotel Yogyakarta. Berdasarkan hasil pengamatan menunjukkan volume arus lalu lintas terbesar (Q) yaitu sebesar 1894,15 smp/jam, dengan kapasitas dasar ruas jalan (C) sebesar 2728,61 smp/jam. Kecepatan arus bebas kendaraan (FV) sebesar 41,58 km/jam, kecepatan tempuh (V) sebesar 43 km/jam dengan waktu tempuh 17,76 detik, dan Derajat kejenuhan (DS) sebesar 0,69 dengan Kategori tingkat pelayanan yaitu kategori B yang dapat diartikan arus kendaraan Stabil kecepatan terbatas, volume sesuai untuk jalan kota. xviii Penulis juga memperirakan peningkatan volume arus lalu lintas dimasa yang akan datang dengan umur rencana 10 tahun kedepan, yang hasilnya volume arus lalu lintas terbesar (Q) yaitu sebesar 2671,88 smp/jam, dengan kapasitas dasar ruas jalan (C) sebesar 2728,61 smp/jam. Derajat kejenuhan menjadi 0,96 dengan kategori tingkat pelayanan menjadi kategori E. solusi yang diberikan yaitu dengan menghilangkan parkir dipinggir jalan dan memperlebar ruas jalan dan hasilnya terjadi perubahan pelayanan ruas jalan dimana kapasitas dasar ruas jalan yang tadinya hanya 2728,61 smp/jam berubah menjadi 3272,94 smp/jam nilai derajat kejenuhan menurun dari 0,96 menjadi 0,82 dan kategori tingkat pelayanan meningkat dari kategori E menjadi D.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: kinerja ruas jalan, kecepatan tempuh, kapasitas, hambatan samping, tingkat pelayanan,perkiraan peningkatan arus lalu lintas
Subjects: Sipil > Transportasi
Sipil > Transportasi
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 07 Sep 2018 12:29
Last Modified: 07 Sep 2018 12:29
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/15818

Actions (login required)

View Item View Item