EVALUASI PENERANGAN LAMPU JALAN (Studi Kasus: Jalan Setia Budi Kota Medan, Sumatera Utara)

Saganov, Dhilo (2018) EVALUASI PENERANGAN LAMPU JALAN (Studi Kasus: Jalan Setia Budi Kota Medan, Sumatera Utara). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Dhilo Saganov)
TS14051.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Penerangan lampu jalan pada kota-kota besar sangat penting, penerangan ini sangat bermanfaat pada penguna jalan seperti, pejalan kaki, pengendara sedapa, pengendara mobil dll. Penerangan pada jalan sendiri harus di perhatikan agar mengurangi resiko kecelakaan lalu lintas pada malam hari. Aspek penerangan lampu ini terdiri dari, tinggi tiang lampu, jarak antar lampu, jenis penggunaan lampu, lebar jalan, volume pengguna jalan. Aspek tersebut sudah ada di daftar SNI maupun di CIE. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuin penerangan pada jalan Setian Budi kota Medan Sumatra utara telah memenuhi syarat CIE maupun SNI. Penelitian ini mengunakan metode survei lapangan dan dari instasi yang terkait. Adapun sumber data yang digunakan bersumber dari Dinas Kebersihan dan Perkebunan kota Medan Sumatra Utara meliputi jenis lampu, jarak spasi antar tiang, tinggi tiang, pemasangan aliran listrik kesetiap lampu, dan jenis lampu yang digunakan Blended-light lamp 250 W. Susunan sistem twin center. Evaluasi landasan teori berpedoman pada syarat CIE dan SNI. Berdasar analisis data dan survei lapangan, diperoleh kesimpulan bahwa pada jalan Setia Budi kota Medan Sumatra Utara, penerangan lampu jalan tidak memenuhin syarat-syarat CIE dan SNI. Nilai distribusi penerangan rerata pada lampu Blended-light lamp 250 W tidak memenuhi syarat standar CIE (0.5-2 cd/ m2) yaitu 0.44285 cd/m2 dan nilai ambang batas silau melewati syarat CIE (10-20%) yaitu 21.35 %

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Penerangan jalan, Distribusi penerangan rata-rata, Nilai ambang batas silau, Standar CIE, Standar SNI.
Subjects: Sipil > Transportasi
Sipil > Transportasi
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 07 Sep 2018 12:46
Last Modified: 07 Sep 2018 12:46
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/15821

Actions (login required)

View Item View Item