PENGARUH DEBT DEFAULT DAN POTENSI KEBANGKRUTAN TERHADAP PENERIMAAN OPINI AUDIT GOING CONCERN ( STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN PERTAMBANGAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2014-2016)

Efendi, Maylani Erika (2018) PENGARUH DEBT DEFAULT DAN POTENSI KEBANGKRUTAN TERHADAP PENERIMAAN OPINI AUDIT GOING CONCERN ( STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN PERTAMBANGAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2014-2016). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Maylani Erika Efendi)
EA20374.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Auditor memberikan opini going concern kepada perusahaan yang tidak dapat mempertahankan kelangsungan hidupnya. Kriteria perusahaan yang akan menerima opini going concern apabila mempunyai masalah pada pendapatan, reorganisasi, ketidakmampuan dalam membayar bunga, menerima opini going concern tahun sebelumnya, dalam proses likuidasi, modal yang negatif, arus kas negatif, pendapatan operasi negatif, modal kerja negatif, 2 s/d 3 tahun berturutturut rugi, laba ditahan negatif (Mutchler, 1985 dalam Januarti 2009). Opini audit going concern yang dikeluarkan oleh auditor menjadi sumber informasi penting bagi pemegang saham dan pengguna laporan keuangan yang membutuhkan informasi tentang kemampuan perusahaan dalam melanjutkan usahanya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh debt default dan potensi kebangkrutan terhadap penerimaan opini audit going concern. Dalam penelitian ini diperoleh 96 sampel dari 32 perusahaan pertambangan dari tahun 2014-2016. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian empiris dengan menganalisis data sekunder yaitu laporan keuangan perusahaan pertambangan. Alat analisis yang digunakan adalah analisis regresi logistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa debt default tidak berpengaruh terhadap penerimaan opini audit going concern, sedangkan potensi kebangkrutan berpengaruh negatif terhadap penerimaan opini audit going concern.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Debt default, potensi kebangkrutan, opini audit going concern.
Subjects: Akuntansi > Akuntansi Keuangan
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 12 Sep 2018 08:00
Last Modified: 12 Sep 2018 08:00
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/15897

Actions (login required)

View Item View Item