Pengaruh Kompetensi dan Tipe Kepribadian Terhadap Skeptisisme Profesional Auditor Pada KAP Daerah Istimewa Yogyakarta, Solo dan Semarang

Mahardika, Intan Putri (2018) Pengaruh Kompetensi dan Tipe Kepribadian Terhadap Skeptisisme Profesional Auditor Pada KAP Daerah Istimewa Yogyakarta, Solo dan Semarang. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Intan Putri Mahardika)
EA20627.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Dalam melaksanakan suatu penugasan, auditor perlu untuk menerapkan skeptisisme profesional. Skeptisisme profesional merupakan sikap mutlak yang harus dimiliki auditor dalam merencanakan dan melaksanakan audit (Tuanakotta, 2011). Kurangnya skeptisisme profesional auditor turut menjadi salah satu faktor kegagalan auditor dalam mendeteksi kecurangan laporan keuangan. Banyaknya kasus kegagalan audit yang terjadi di lingkup internasional maupun di Indonesia, seperti kasus Enron dan PT Kimia Farma menyebabkan standar yang mengatur mengenai skeptisisme profesional auditor terus dibenahi dan diperbarui. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bukti empiris mengenai pengaruh kompetensi dan tipe kepribadian terhadap skeptisisme profesional auditor. Data yang digunakan merupakan data primer yang diperoleh melalui kuesioner yang dibagikan secara langsung kepada auditor yang bekerja di Kantor Akuntan Publik di Daerah Istimewa Yogyakarta, Solo dan Semarang. Jumlah auditor yang menjadi responden dalam penelitian ini adalah 57 responden dari 8 KAP. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah nonprobabilitas dengan jenis purposive sampling. Selanjutnya, pengujian hipotesis penelitian dilakukan dengan uji regresi berganda melalui program SPSS 15. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi dan tipe kepribadian berpengaruh positif terhadap skeptisisme profesional auditor.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: kompetensi, tipe kepribadian, skeptisisme profesional auditor
Subjects: Akuntansi > Auditing dan Sistem Informasi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 20 Sep 2018 08:02
Last Modified: 20 Sep 2018 08:02
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/15929

Actions (login required)

View Item View Item