PENGARUH CURRENT RATIO DAN EARNING PER SHARE TERHADAP HARGA SAHAM PADA PERUSAHAAN SEKTOR PROPERTI DAN REAL ESTATE YANG TERDAFTAR DI BEI PERIODE 2014-2016

Sihaloho, Niko Partogi B (2018) PENGARUH CURRENT RATIO DAN EARNING PER SHARE TERHADAP HARGA SAHAM PADA PERUSAHAAN SEKTOR PROPERTI DAN REAL ESTATE YANG TERDAFTAR DI BEI PERIODE 2014-2016. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Niko Partogi B Sihaloho)
EA19994.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Salah satu yang menjadi fokus pertimbangan investor adalah harga saham. Harga saham yang diharapkan oleh investor adalah harga saham yang stabil dan mempunyai pola pergerakan yang cenderung naik dari waktu ke waktu, akan tetapi kenyataannya harga saham cenderung berfluktuasi. Berfluktuasinya harga saham menjadi risiko tersendiri bagi investor. Untuk menghindari risiko kerugian, investor harus melakukan kontrol terhadap kinerja keuangan suatu perusahaan dengan menganalisis laporan keuangan yang diterbitkan oleh perusahaan tersebut. Penelitian ini secara empiris bertujuan untuk menganalisis pengaruh Current ratio dan Earning Per Share terhadap harga saham pada perusahaan properti dan real estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2014-2016. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan properti dan real estate yang terdaftar di BEI periode 2014-2016. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, sehingga didapatkan sampel dalam penelitian ini sebanyak 34 perusahaan properti dan real estate yang terdaftar di BEI periode 2014-2016. Metode analisis yang digunakan adalah analisis linier berganda dengan tingkat signifikansi sebesar 5%. Sebelum dilakukan uji t, terlebih dahulu dilakukan pengujian asumsi klasik yang terdiri dari uji normalitas data, uji autokorelasi, uji multikolinearitas dan uji heterokedastisitas. Setelah data yang menjadi sampel penelitian ini bebas dari asumsi klasik, kemudian dilakukan pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t untuk melihat pengaruh masing-masing variabel bebas terhadap variabel terikat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel current ratio tidak berpengaruh terhadap harga yang ditunjukkan dengan nilai signifikansi sebesar 0,381>0.05, sedangkan variabel earning per share berpengaruh positif terhadap harga saham yang ditunjukkan dengan nilai signifikansi sebesar 0.000<0.05.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Current Ratio, Earninga Per share, Harga Saham
Subjects: Akuntansi > Perpajakan / Sektor Publik
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 20 Sep 2018 08:03
Last Modified: 20 Sep 2018 08:03
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/15930

Actions (login required)

View Item View Item