PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) TERHADAP MANAJEMEN LABA PADA PERUSAHAAN NON KEUANGAN DAN JASA BIDANG MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2014-2016

Rahail, Joseph Andhika Leonardo (2018) PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) TERHADAP MANAJEMEN LABA PADA PERUSAHAAN NON KEUANGAN DAN JASA BIDANG MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2014-2016. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Joseph Andhika Leonardo Rahail)
EA20393.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh dari pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) terhadap praktik Manajemen Laba. Variabel independen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pengungkapan CSR (CSR disclosure) yang diukur menggunakan CSRI yang berpedoman pada Global Reporting Initiative (GRI). Variabel dependen yang digunakan adalah Manajemen Laba yang diukur menggunakan proksi discretionary accrual. Penelitian ini menggunakan tiga variabel kontrol yaitu Leverage (LEV), Growth (MB) dan Return On Assets (ROA). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan populasi penelitian perusahaan non-keuangan dan jasa yang bergerak dalam bidang Manufaktur dan terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada periode tahun 2014-2016. Metode sampling dalam penelitian ini adalah Purposive Sampling. Kriteria perusahaan yang digunakan merupakan perusahaan non keuangan dan jasa pada tahun bersangkutan, dan menerbitkan laporan berkelanjutan serta laporan keuangan yang lengkap. Total sampel dalam penelitian ini adalah 49 sampel perusahaan. Uji analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi ordinary least square. Hasil analisis menunjukkan bahwa pengungkapan Corporate Social Responsibility tidak berpengaruh terhadap Manajemen Laba. Hal ini dapat dilihat pada uji t dengan tingkat signifikansi 10%.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pengungkapan Corporate Social Responsibility dan Manajemen Laba
Subjects: Akuntansi > Akuntansi Manejemen
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 20 Sep 2018 08:09
Last Modified: 20 Sep 2018 08:09
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/15932

Actions (login required)

View Item View Item