ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGHINDARAN PAJAK PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BEI TAHUN 2014-2017

Sulastri, Elisia Briana (2018) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGHINDARAN PAJAK PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BEI TAHUN 2014-2017. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Elisia Briana Sulastri)
EA21646.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meneliti adanya kemungkinan penggunaan transaksi pihak yang memiliki hubungan istimewa, ukuran perusahaan, leverage, dan ROA sebagai alat bagi perusahaan dalam rangka menghindari pajak dan meminimalkan beban pajak yang seharusnya ditanggung perusahaan. Penghindaran pajak sebagai variabel dependen diukur menggunakan GAAP ETR. Variabel independen yang digunakan dalam penelitian ini adalah RPT penjualan, RPT pembelian, ukuran perusahaan, leverage, dan ROA. Penelitian ini menggunakan data arsip sekunder yang diperoleh dari laporan keuangan perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI selama periode 2014–2017. Sampel dipilih menggunakan metode purposive sampling dan didapatkan sampel sebanyak 29 perusahaan dengan periode observasi 4 tahun sehingga total data yang diobservasi adalah sebesar 116 data. Pengujian hipotesis dilakukan dengan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa RPT penjualan berpengaruh positif terhadap penghindaran pajak, RPT pembelian berpengaruh positif terhadap penghindaran pajak, ukuran perusahaan tidak berpengaruh terhadap penghindaran pajak, leverage berpengaruh negatif terhadap penghindaran pajak, dan ROA berpengaruh positif terhadap penghindaran pajak.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: transaksi hubungan istimewa, RPT penjualan, RPT pembelian, GAAP ETR, penghindaran pajak.
Subjects: Akuntansi > Perpajakan / Sektor Publik
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 21 Jan 2019 06:52
Last Modified: 21 Jan 2019 06:52
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/16045

Actions (login required)

View Item View Item