PENGARUH KEPEMILIKAN ASING, UKURAN PERUSAHAAN, DAN LEVERAGE TERHADAP KEPUTUSAN TRANSFER PRICING PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2012 - 2016

Santoso, Meliana Ariani (2018) PENGARUH KEPEMILIKAN ASING, UKURAN PERUSAHAAN, DAN LEVERAGE TERHADAP KEPUTUSAN TRANSFER PRICING PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2012 - 2016. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Meliana Ariani Santoso)
EA20287.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan memperoleh bukti empiris mengenai pengaruh kepemilikan asing, ukuran perusahaan, dan leverage terhadap keputusan transfer pricing pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2012 - 2016. Kepemilikan asing diukur menggunakan proksi persentase kepemilikan saham asing, ukuran perusahaan diukur menggunakan proksi log total aset, leverage diukur menggunakan proksi debt to equity ratio dan keputusan transfer pricing yang diproksikan dengan nilai dari related party transaction (RPT) penjualan. Data yang digunakan merupakan data arsip berupa laporan keuangan atau laporan tahunan perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2012 - 2016. Total perusahaan yang menjadi sampel penelitian berjumlah 126 perusahaan. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi logistik untuk melihat pengaruh kepemilikan asing, ukuran perusahaan, dan leverage terhadap keputusan transfer pricing. Hasil penelitian ini menunjukkan kepemilikan asing berpengaruh positif terhadap keputusan transfer pricing, ukuran perusahaan berpengaruh positif terhadap keputusan transfer pricing, dan leverage tidak berpengaruh terhadap keputusan transfer pricing.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kepemilikan asing, ukuran perusahaan, leverage, keputusan transfer pricing, RPT sales
Subjects: Akuntansi > Auditing dan Sistem Informasi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 22 Jan 2019 03:39
Last Modified: 22 Jan 2019 03:39
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/16075

Actions (login required)

View Item View Item