PENGARUH KEPEMILIKAN DAN PRAKTIK CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP KEBIJAKAN DIVIDEN (Studi Empiris pada Perusahaan Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2012 – 2016)

Santoso, Dewi Permatasari (2018) PENGARUH KEPEMILIKAN DAN PRAKTIK CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP KEBIJAKAN DIVIDEN (Studi Empiris pada Perusahaan Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2012 – 2016). S1 thesis, UAJY.

[img]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
EA217450.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
EA217451.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB II)
EA217452.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BAB III)
EA217453.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text (BAB IV)
EA217454.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img]
Preview
Text (BAB V)
EA217455.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

governance di dalam perusahaan berpengaruh terhadap dividend payout ratio. Penelitian dilakukan pada perusahaan perbankan yang terdaftar di BEI dari tahun 2012-2016. Metode pengumpulan sampel menggunakan purposive sampling method dan diperoleh 150 data observasi. Hipotesis diuji menggunakan alat analisis regresi linier berganda dengan program IBM SPSS Ver.21. Hasil analisis menunjukkan kepemilikan keluarga berpengaruh negatif terhadap dividend payout ratio, hal ini dikarenakan ekspropriasi masih tinggi di dalam perusahaan sehingga keputusan yang diambil hanya berdasarkan kepentingan pemegang saham mayoritas. Kepemilikan pemerintah tidak berpengaruh terhadap dividend payout ratio dikarenakan investor menyukai investasi jangka panjang, sehingga mereka lebih menyukai perusahaan yang menginvestasikan kembali labanya daripada perusahaan yang membayarkan sebagian besar labanya untuk dividen. Sedangkan kepemilikan asing berpengaruh negatif terhadap dividend payout ratio, hal ini dikarenakan investor asing lebih memilih untuk berinvestasi dalam jangka panjang. Selain itu investor asing lebih menyukai perusahaan menahan labanya dari pada membayarkannya sebagai dividen sehubungan dengan adanya pajak dividen yang tinggi. Praktik corporate governance berpengaruh positif terhadap dividend payout ratio, hal ini dikarenakan dengan adanya good corporate governance mampu melindungi hak-hak dari pemegang saham minoritas. Sementara itu, SIZE berpengaruh positif terhadap kebijakan dividen.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: kepemilikan keluarga, kepemilikan pemerintah, kepemilikan asing, corporate governance, dividend payout ratio.
Subjects: Akuntansi > Akuntansi Keuangan
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 22 Jan 2019 04:30
Last Modified: 22 Jan 2019 04:30
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/16079

Actions (login required)

View Item View Item