Aktivitas, Stabilitas, dan Keamanan Sediaan Spray Gel Ekstrak Biji Kembang Telang (Clitoria ternatea Linn.) sebagai Antibakteri

Daryanto, Gabriela Alodia (2018) Aktivitas, Stabilitas, dan Keamanan Sediaan Spray Gel Ekstrak Biji Kembang Telang (Clitoria ternatea Linn.) sebagai Antibakteri. S1 thesis, UAJY.

[img]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
BL014300.pdf

Download (922kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BL014301.pdf

Download (245kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB II)
BL014302.pdf

Download (489kB) | Preview
[img] Text (BAB III)
BL014303.pdf
Restricted to Registered users only

Download (529kB)
[img] Text (BAB IV)
BL014304.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text (BAB V)
BL014305.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Ekstrak biji telang (Clitoria ternatea) memiliki kandungan metabolit sekunder seperti alkaloid, saponin, flavonoid, dan terpenoid yang dapat dimanfaatkan sebagai senyawa antibakteri sehingga dapat digunakan untuk mengendalikan penyebab terjadinya infeksi kulit oleh Staphylococcus aureus dan Staphylococcus epidermidis. Salah satu produk antibakteri yang mulai banyak dikembangkan adalah sediaan spray gel. Penggunaan spray gel yang sangat mudah dan praktis menjadi daya tarik dan dipilih oleh banyak konsumen. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui aktivitas, stabilitas, dan keamanan ekstrak biji Clitoria ternatea yang dibuat dalam bentuk sediaan spray gel. Sediaan spray gel dibuat dengan tiga macam formula spray gel yakni tanpa ekstrak (F0), ekstrak sebanyak 0,6 gram/100 mL (F1), dan ekstrak sebanyak 1,2 gram/100 mL (F2). Sediaan spray gel dilakukan dengan uji aktivitas antibakteri, uji stabilitas sediaan spray gel berdasarkan uji pH dan viskositas selama 28 hari serta keamanan sediaan spray gel dilakukan dengan uji iritasi primer terhadap hewan uji kelinci. Berdasarkan uji aktivitas antibakteri menggunakan metode difusi sumuran sediaan spray gel ekstrak biji telang (Clitoria ternatea) tidak menghasilkan zona hambat sehingga belum efektif dalam menghambat bakteri Staphylococcus aureus dan Staphylococcus epidermidis. Stabilitas sediaan menunjukkan bahwa uji pH dan viskositas sediaan spray gel ekstrak biji telang (Clitoria ternatea) relatif belum stabil selama 28 hari namun, uji iritasi primer sediaan spray gel ekstrak biji telang (Clitoria ternatea) menunjukkan hasil tidak mengiritasi dan aman untuk digunakan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknobiologi > Tekno Lingkungan
Divisions: Fakultas Teknobiologi > Biologi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 23 Jan 2019 03:54
Last Modified: 24 Jan 2019 03:38
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/16092

Actions (login required)

View Item View Item