KARAKTERISTIK FACADE BANGUNAN SEKITAR REL KERETA API DAN PENGARUH TERHADAP KEBISINGAN RUANG HUNIAN STUDI KASUS: KAMPUNG PENGOK DAN KAMPUNG SAPEN DI KELURAHAN DEMANGAN KECAMATAN GONDOKUSUMAN – KOTA YOGYAKARTA

NDOEN, RHODYS (2018) KARAKTERISTIK FACADE BANGUNAN SEKITAR REL KERETA API DAN PENGARUH TERHADAP KEBISINGAN RUANG HUNIAN STUDI KASUS: KAMPUNG PENGOK DAN KAMPUNG SAPEN DI KELURAHAN DEMANGAN KECAMATAN GONDOKUSUMAN – KOTA YOGYAKARTA. S2 thesis, UAJY.

[img]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
MTA025070.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
MTA025071.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB II)
MTA025072.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB III)
MTA025073.pdf
Restricted to Registered users only

Download (633kB)
[img] Text (BAB IV)
MTA025074.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (BAB V)
MTA025075.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text (BAB VI)
MTA025076.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kebisingan eksternal muncul dari mesin kereta api, klakson dan gesekan antar roda dan rel berdampak terhadap bangunan di sekitarnya. Penelitian dilakukan berdasarkan pengukuran hasil survei lapangan. Objek yang dipilih merupakan fungsi bangunan hunian yang lokasi berada pada kampung Pengok PJK dan kampung Sapen. Tujuan dari penelitian untuk mengetahui karakteristik facade bangunan sekitar rel kereta api dan pengaruh terhadap kebisingan ruang hunian di kampung Pengok dan kampung Sapen. Metode penelitian deskriptif kuantitatif dengan pendekatan pengukuran langsung menggunakan alat sound level meter, untuk nilai kebisingan ruang hunian. Hasil penelitian berdasarkan analisa deskriptif karakteristik facade bangunan sekitar rel kereta api sangat rentan berpengaruh terhadap kebisingan pada ruang hunian. Berdasarkan analisis sampel ruang, rata-rata kinerja facade dengan penurunan nilai bising sebesar 11,72 dBA sehingga kinerja dari facade kurang optimal dalam mereduksi kebisingan. Faktor yang berpengaruh yaitu elemen-elemen jenis material dinding, seperti nilai rasio solid-void, masif-transparan, jarak, penggunaan barrier dapat mengurangi kinerja facade bangunan kecenderungannya berpengaruh terhadap tingkat desibel ke dalam ruang. Nilai rasio solid-void berpengaruh terhadap perambataan bising yang masuk ke ruangan. Bidang facade yang menggunakan material transparan mempengaruhi kinerja dari material masif (material dinding plester) dengan kelihangan nilai insulasi material sebesar 1,8 dBA. Tidak adanya plafon luar atau dalam mengurangi nilai reduksi bidang facade kebisingan. Untuk mengoptimalkan penurunan tingkat kebisingan dibutuhkan tambahan barrier (jenis masif) lebih efektif dalam mengurangi tingkat kebisingan. Fungsi ruang-ruang hunian dalam tingkatan telah melewati batas standar yang diperuntukan kawasan perumahan dan permukiman, dibutuhkan penurunan antara 17-26 dBA, faktor adaptasi lingkungan berpengaruh terhadap responden dirasakan pada saat kereta api melintasi kawasan dengan persentase sebesar 46,67% merasa agak terganggu, 35% terganggu, dan 18,33% tidak terganggu.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Facade bangunan, Tingkat kebisingan, Ruang hunian
Subjects: Magister Teknik Arsitektur > Digital Arsitektur
Divisions: Pasca Sarjana > Magister Teknik Arsitektur
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 29 Jan 2019 04:22
Last Modified: 29 Jan 2019 04:22
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/16179

Actions (login required)

View Item View Item