ANALISIS PENGARUH FASILITAS U-TURN TERHADAP KINERJA RUAS JALAN (STUDI KASUS: U-TURN JL. AFFANDI – DEPAN ALDAN GEJAYAN)

ARLIO YONATHAN, SUGIYARTO (2018) ANALISIS PENGARUH FASILITAS U-TURN TERHADAP KINERJA RUAS JALAN (STUDI KASUS: U-TURN JL. AFFANDI – DEPAN ALDAN GEJAYAN). S1 thesis, UAJY.

[img]
Preview
Text (HALAMAN AWAL)
TS151870.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
TS151871.pdf

Download (464kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB II)
TS151872.pdf

Download (859kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB III)
TS151873.pdf

Download (740kB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
TS151874.pdf
Restricted to Registered users only

Download (582kB)
[img] Text (BAB V)
TS151875.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text (BAB VI)
TS151876.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Yogyakarta mengalami peningkatan kepadatan penduduk yang lumayan pesat. Dampak negatif dari peningkatan penduduk tersebut salah satunya adalah kemacetan. Kemacetan itu sendiri terjadi karna tidak seimbangnya kapasitas jalan terhadap banyaknya jumlah kendaraan yang ada. Pada jalan tersebut terdapat bukaan median yang merupakan salah satu prasarana transportasi yang mempermudah pergerakan kendaraan yang memutar arah. Adanya kendaraan yang memutar arah menyebabkan berkurangnya kecepatan dari kendaraan yang searah dan yang berlawanan arah, sehingga dapat menimbulkan terjadinya kemacetan. Oleh karena itu maka perlu diketahui pengaruh fasilitas memutar balik arah (UTurn) terhadap kinerja ruas jalan. Penelitian ini dilakukan di u-turn Jalan Affandi depan Aldan Gejayan, Kabupaten Sleman, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta selama dua hari yaitu pada hari Rabu, 6 Juni 2018 dan Sabtu, 9 Juni 2018. Dengan waktu penelitian pada jam 06.30 – 8.30, 12.00 – 14.00, dan 16.00 – 18.00. Dengan periode waktu selama 15 menit. Data yang diambil dalam penelitian ini diantaranya geometik jalan, volume lalu lintas, hambatan samping, waktu dan kecepatan tempuh, volume kendaraan yang memutar, panjang antrian, waktu tundaan dan waktu memutar. Berdasarkan hasil analisis diperoleh arus lalu lintas sebelum u-turn ke arah utara sebesar 1749,25 skr/jam dan ke arah selatan sebesar 1967,7 skr/jam, hambatan samping bagian barat dan timur masuk dalam kategori rendah, kecepatan tempuh ke arah utara sebesar 30,84 km/jam dan ke arah selatan 30,09 km/jam, kecepatan bebas (VB) untuk kedua arah sebesar 55 km/jam, kapasitas jalan (C) untuk kedua arah sebesar 3201 skr/jam, derajat kejenuhan dan tingkat pelayanan sebelum u-turn ke arah utara sebesar 0,55 (C) dan ke arah selatan sebesar 0,61 (C), arus memutar hari pertama sebesar 30,25 skr/jam untuk hari kedua sebesar 24,25 skr/jam, rata – rata panjang antrian 1,53 m untuk hari pertama dan 1,67 m untuk hari kedua, waktu tundaan selama 0,74 detik untuk hari pertama dan 0,93 detik untuk hari kedua, dan waktu memutar selama 3,4 detik untuk hari pertama dan 4,46 detik untuk hari kedua. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa fasilitas u-turn mempengaruhi kinerja jalan yang meliputi perubahan arus lalu lintas sesudah u-turn untuk arah ke utara dari 1749,25 skr/jam menjadi 1719 skr/jam dan arah ke selatan dari 1967,7 skr/jam menjadi 1998 skr/jam, perubahan derajat kejenuhan ke arah utara dari 0,55 menjadi 0,54 dan arah ke selatan dari 0,62 menjadi 0,61.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: u-turn, kinerja ruas jalan, pengaruh.
Subjects: Civil Engineering > Transportation
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 07 Feb 2019 04:27
Last Modified: 07 Feb 2019 04:27
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/16320

Actions (login required)

View Item View Item