ANALISIS KAUSALITAS PEMBELIAN SAHAM DAN PENJUALAN SAHAM OLEH INVESTOR ASING DI INDONESIA DENGAN IHSG, NILAI TUKAR IDR/USD, DAN TINGKAT INFLASI PERIODE 2007-2017

Pangkey, Shandy Valentino (2018) ANALISIS KAUSALITAS PEMBELIAN SAHAM DAN PENJUALAN SAHAM OLEH INVESTOR ASING DI INDONESIA DENGAN IHSG, NILAI TUKAR IDR/USD, DAN TINGKAT INFLASI PERIODE 2007-2017. S1 thesis, UAJY.

[img]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
EM210570.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
EM210571.pdf

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB II)
EM210572.pdf

Download (309kB) | Preview
[img] Text (BAB III)
EM210573.pdf
Restricted to Registered users only

Download (304kB)
[img] Text (BAB IV)
EM210574.pdf
Restricted to Registered users only

Download (768kB)
[img]
Preview
Text (BAB V)
EM210575.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan kausalitas pembelian saham dan penjualan saham oleh investor asing di Indonesia dengan IHSG, nilai tukar IDR/USD, dan tingkat Inflasi. Data penelitian ini terdiri dari 132 data bulanan pembelian saham dan penjualan saham oleh investor asing di Indonesia, IHSG, nilai tukar IDR/USD, dan tingkat Inflasi periode Januari 2007 hingga Desember 2017. Penelitian ini menggunakan metode uji Korelasi, uji Stasioneritas, uji Kointegrasi dan Vector Error Correction Model (VECM) yaitu analisis Impulse Response, analisis Variance Decomposition, dan uji Granger Causality. Pengujian ini menggunakan alat bantu analisis Ekonometrika yaitu aplikasi Eviews 8. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan jangka panjang antara pembelian saham dan penjualan saham oleh investor asing di Indonesia dengan IHSG, nilai tukar IDR/USD, dan tingkat Inflasi. Hasil penelitian juga menunjukkan adanya hubungan kausalitas satu arah antara pembelian saham investor asing mempengaruhi penjualan saham investor asing, penjualan saham investor asing mempengaruhi nilai tukar IDR/USD, penjualan saham investor asing yang mempengaruhi tingkat Inflasi, IHSG yang mempengaruhi nilai tukar IDR/USD, tingkat Inflasi yang mempengaruhi IHSG, dan tingkat Inflasi yang mempengaruhi nilai tukar IDR/USD. Sedangkan hubungan kausalitas dua arah terjadi antara pembelian saham oleh investor asing yang saling mempengaruhi dengan IHSG dan penjualan saham oleh investor asing yang juga saling mempengaruhi dengan IHSG.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pembelian Saham Investor Asing, Penjualan Saham Investor Asing, IHSG, Nilai Tukar IDR/USD, Tingkat Inflasi.
Subjects: Manajemen > Keuangan
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 07 Feb 2019 06:15
Last Modified: 07 Feb 2019 06:15
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/16337

Actions (login required)

View Item View Item