PROSES MANUFAKTUR DINNER SET TABLEWARE DENGAN RELIEF BATIK KAWUNG INDONESIA

YUNIANTO DWI, SAPUTRO (2018) PROSES MANUFAKTUR DINNER SET TABLEWARE DENGAN RELIEF BATIK KAWUNG INDONESIA. S1 thesis, UAJY.

[img]
Preview
Text (HALAMAN AWAL)
TI072310.pdf

Download (485kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
TI072311.pdf

Download (221kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB II)
TI072312.pdf

Download (525kB) | Preview
[img] Text (BAB III)
TI072313.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
TI072314.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (BAB V)
TI072315.pdf
Restricted to Registered users only

Download (364kB)
[img]
Preview
Text (BAB VI)
TI072316.pdf

Download (729kB) | Preview

Abstract

Indonesia merupakan produsen dan konsumen keramik yang masuk dalam 10 besar dunia. Hal tersebut yang mendukung Indonesia mejadi pasar keramik yang sangat potensial. perdagangan bebas akibat perekonomian global saat ini menyebabkan masuknya produk–produk keramik dari luar negeri ke Indonesia secara bebas. Kondisi seperti ini yang akan menjadi tantangan bagi industri keramik dalam negeri untuk menghadapi perdagangan bebas. Menghadapi kondisi tersebut saat ini industri keramik nasional sudah mulai mengembangkan produk berbasis budaya dan ekonomi kreatif. Produk– produk seperti inilah yang banyak dicari kosume lokal dan mancanegara. PT. NPI (Nuansa Porselain Indonesia) adalah salah satu produsen keramik nasional yang masih menerapkan teknologi konvensional (hand made) dalam proses pembuatannya. Penerapan teknologi hand made ini menghasikan produk yang tidak selalu sama antar produk walaupun dalam variasi produk yang sama. Kondisi seperti itu PT. NPI membuat trobosan baru dengan cara menggabungkan antara teknologi pemesinan modern yang dimiliki Lab. Proses Produksi UAJY dengan teknologi hand made yang dimiliki PT. NPI yang dituangkan dalam produk tableware bernuasa batik kawung. Pada penelitian ini untuk mendapatkan desain tableware bernuansa batik kawung digunakan teknologi Computer Aided Reverse Engineering System. Alasan penggunaan teknologi ini berdasarkan penelitian sebelumnya teknologi ini terbukti sukses untuk mendapatkan bentuk atau desain yang baru ketika data CAD produk tidak ada. Proses mendapatkan data CAD pada penelitian ini dilakukan dengan cara konvensional dengan yang digunakan dial calliper Mitutoyo 0,5 mm. Proses pengukuran tersebut menghasilkan data sketch yang kemudian diubah menjadi 2D wireframe sehingga bisa dikonversiakan menjadi 3D surface atau solid dengan menggunakan software PowerShape 2014. Proses desain produk tableware bernuansa batik kawung dengan menggunakan teknologi CARESystem ini menghasilkan desain piring Ø 270 mm, Ø 220 mm, Ø 160 mm, mug, tutup mug dan soucer.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Computer Aided Design (CAD), Computer Aided Manufacturing (CAM), CARESystem, CNC, Ceramic, Tableware
Subjects: Teknik Industri > Sistem Manufacturing
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 08 Feb 2019 01:58
Last Modified: 08 Feb 2019 01:58
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/16369

Actions (login required)

View Item View Item