GRACIA, MARIS STELLA (2018) ANALISIS SUMBER KEBISINGAN DAN USULAN DESAIN NOISE BARRIER. S1 thesis, UAJY.
|
Text (HALAMAN AWAL)
TI079030.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
TI079031.pdf Download (207kB) | Preview |
|
|
Text (BAB II)
TI079032.pdf Download (487kB) | Preview |
|
Text (BAB III)
TI079033.pdf Restricted to Registered users only Download (467kB) |
||
Text (BAB IV)
TI079034.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (BAB V)
TI079035.pdf Restricted to Registered users only Download (877kB) |
||
|
Text (BAB VI)
TI079036.pdf Download (878kB) | Preview |
Abstract
Lingkungan kerja baik fisik ataupun non fisik yang baik dan kondusif akan memberikan dampak positif bagi pekerja dalam bekerja. Sebaliknya, kondisi lingkungan kerja yang tidak kondusif secara tidak langsung akan menurunkan peformansi pekerja. PT. SKF Indonesia sebagai perusahaan penghasil bearing terbesar di Indonesia menyadari hal tersebut. Perbaikan lingkungan kerja terus dilakukan perusahaan untuk memberikan kenyamanan bagi pekerja, salah satunya perbaikan untuk mengatasi kebisingan di tempat kerja. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sumber kebisingan yang ada di lantai produksi PT. SKF Indonesia, dan memberikan usulan desain noise barrier untuk mengurangi kebisingan tersebut. Metode penelitian yang digunakan dibagi menjadi tiga yaitu metode pengambilan data, analisis data dan perancangan produk. Metode pengambilan data yaitu dengan pengukuran langsung di lantai produksi dan Channel 0 menggunakan alat ukur SLM pada rentang waktu L1, L2, L3, dan L4. Metode pengolahan data dilakukan dengan menghitung nilai Ls dan membuat peta distribusi kebisingan menggunakan software surfer 10 untuk melihat area yang memiliki kebisingan terbesar. Penyebaran kuisioner dan wawancara dengan operator pada area bising terbesar dilakukan untuk mengetahui pengaruh dari paparan bising. Setelah ditentukan sumber bising, dilakukan perancangan produk untuk mengurangi kebisingan dengan metode Quality Function Deployment (QFD). Hasil pengolahan data pengukuran didapatkan bahwa pada Channel 0 Cell 1 khususnya pada titik (X,Y) (81,69) merupakan area dengan bising terbesar, dan hopper sebagai sumber bising terbesar. Perancangan desain noise barrier pada hopper berupa penutup hopper. Penutup hopper dilapisi dengan bahan peredam V Board Panel pada bagian dalam. Berdasarkan referensi yang didapat, V Board Panel memiliki kemampuan daya serap bising yang tinggi yaitu mencapai 0.5α (α adalah nilai NRC atau Noise Reduction Coefficient dengan skala dari 0 sampai 1). Nilai NRC 0.5α memiliki arti bahwa bahan peredam V Board Panel mampu mengurangi hingga 50% suara bising. Dengan analisis dan kemampuan bahan peredam, diharapkan dapat mengurangi suara bising yang berasal dari mesin hopper.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kebisingan, pengukuran tingkat bising, Noise Barrier, QFD, peredam bising |
Subjects: | Teknik Industri > Industri |
Divisions: | Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri |
Depositing User: | Editor UAJY |
Date Deposited: | 08 Feb 2019 03:17 |
Last Modified: | 08 Feb 2019 03:17 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/16401 |
Actions (login required)
View Item |