PENGARUH PRODUCT PLACEMENT TERHADAP BRAND AWARENESS MELALUI FILM (Penelitian Eksperimental tentang Pengaruh Tingkat Terpaan Product Placement terhadap Tingkat Brand Awareness Kedai Kopi Filosofi Kopi Jogja melalui Film Filosofi Kopi 2 pada Anggota Komunitas BKVR Yogyakarta)

Pratama, Jallu (2018) PENGARUH PRODUCT PLACEMENT TERHADAP BRAND AWARENESS MELALUI FILM (Penelitian Eksperimental tentang Pengaruh Tingkat Terpaan Product Placement terhadap Tingkat Brand Awareness Kedai Kopi Filosofi Kopi Jogja melalui Film Filosofi Kopi 2 pada Anggota Komunitas BKVR Yogyakarta). S1 thesis, UAJY.

[img]
Preview
Text
KOM04460.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Product Placement Terhadap Brand Awareness Melalui Film. Masalah dalam penelitian ini bagaimana pengaruh tingkat terpaan product placement terhadap tingkat brand awareness Filosofi Kopi Jogja melalui film Filosofi Kopi 2 pada anggota komunitas BKVR Yogyakarta, sehingga teori yang digunakan adalah komunikasi, komunikasi pemasaran, periklanan, film, product placement, dan brand awareness. Tingkat terpaan product placement yang diartikan sebagai penempatan produk barang atau jasa pada media komunikasi (Allen, 2007:40-42) pada film Filosofi Kopi 2 digunakan untuk mengukur tingkat brand awareness yakni kemampuan sebuah merek muncul dalam pikiran saat konsumen memikirkan kategori produk tertentu dengan tingkatan top of mind, brand recall, brand recognition, dan unaware of brand (Shimp, 2010:37-38). Penelitian ini menggunakan eksperimen Posttest-Only Control Design. Jumlah responden dalam penelitian ini adalah 45 orang dan dibagi menjadi tiga kelompok, kelompok eksperimen 1 (2 kali terpaan), kelompok eksperimen 2 (1 kali terpaan) dan kelompok kontrol (tanpa terpaan). Setiap kelompok terdiri dari 15 responden yang merupakan anggota komunitas Barista and Koffie Lovers Yogyakarta. Hipotesis yang diajukan adalah tingkat terpaan product placement mempengaruhi tingkat brand awareness Filosofi Kopi Jogja melalui film Filosofi Kopi 2. Teknik pengukuran data yang digunakan adalah skala Likert dan skala Guttman, sedangkan analisis data yang digunakan adalah Analisis Regresi serta Analisis ANOVA. Berdasarkan uji validitas dan reliabilitas seluruh instrumen dinyatakan valid dan reliabel. Data brand awareness menunjukkan kelompok eksperimen 1 memperoleh nilai yang lebih tinggi dari kelompok eksperimen 1 dan kelompok kontrol. Tingkat kesesuaian film mempunyai peran yang penting karena tingkat terpaan product placement yang tidak dibarengi dengan tingkat kesesuaian film tidak akan meraih hasil brand awareness target market yang optimal. Hal ini terlihat dari perbedaan hasil analisis regresi sederhana dengan regresi yang dimoderasi yang menunjukkan peningkatan pengaruh tingkat terpaan product placement terhadap brand awareness dengan adanya variabel moderator. Hasil uji ANOVA dan Post Hoc Test yakni semakin banyak khalayak diterpa product placement dalam film akan meningkatkan brand awareness produk tersebut. Kesimpulan dari penelitian ini adalah tingkat terpaan product placement mempengaruhi tingkat brand awareness Filosofi Kopi Jogja melalui film Filosofi Kopi 2. Penulis mengharapkan penelitian ini bisa dijadikan acuan penggunaan strategi product placement yang tepat terutama dalam pemilihan alur cerita, aktor yang berasosiasi, dialog film, karakter cerita, lokasi serta lagu yang digunakan dalam film. Selain itu penelitian selanjutnya diharap menggunakan media audiovisual lainnya, seperti video klip musik atau film pendek sehingga ditemukan perbandingan media manakah yang paling efektif.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Product placement, film, brand awareness, eksperimental, audio visual
Subjects: Komunikasi > Advertising
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Lia natanaelia utami
Date Deposited: 20 Feb 2019 04:23
Last Modified: 20 Feb 2019 04:23
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/16843

Actions (login required)

View Item View Item