PENGARUH EKO-EFISIENSI PADA NILAI PERUSAHAAN YANG DIMODERASI OLEH PROFITABILITAS DAN LEVERAGE DI PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR PADA BEI TAHUN 2014-2016

Suryaningtyas, Stevani (2018) PENGARUH EKO-EFISIENSI PADA NILAI PERUSAHAAN YANG DIMODERASI OLEH PROFITABILITAS DAN LEVERAGE DI PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR PADA BEI TAHUN 2014-2016. S1 thesis, UAJY.

[img] Text
EM21724.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Aktivitas bisnis perusahaan tentu memiliki dampak terhadap lingkungan sekitar. Hal ini membuat perusahaan perlu menerapkan sistem manajemen lingkungan, salah satunya eko-efisiensi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh eko-efesiensi pada nilai perusahaan dan apakah profitabilitas dan leverage mampu memoderasi hubungan eko-efisiensi pada nilai perusahaan. Eko-efisiensi dihitung dengan menggunakan variabel dummy yang dilihat dengan ada tidaknya sertifikasi ISO 14001. Jika perusahaan telah memiliki sertifikasi ISO 14001 maka bernilai 1, jika tidak maka bernilai 0. Profitabilitas dihitung dengan return on equity (ROE), leverage dihitung dengan debt to equity ratio, sedangkan nilai perusahaan menggunakan price to book value (PBV). Populasi pada penelitian ini adalah seluruh perusahaan manufaktur yang telah terdaftar pada Bursa Efek Indonesia tahun 2014 – 2016. Total sampel yang digunakan adalah 85 perusahaan dengan menggunakan metode purposive sampling. Penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda dan uji interaksi yang dibantu software SPSS 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa eko-efisiensi tidak berpengaruh secara signifikan terhadap nilai perusahaan dan profitabilitas dan leverage tidak mampu memoderasi hubungan eko-efisiensi pada nilai perusahaan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Eko-efisiensi, Profitabilitas, Leverage, Nilai Perusahaan, ISO 14001
Subjects: Manajemen > Keuangan
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: editor2 dua uajy
Date Deposited: 20 Feb 2019 06:05
Last Modified: 20 Feb 2019 06:05
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/16850

Actions (login required)

View Item View Item