Citra Politik Presiden Jokowi dalam Youtube Channel Melalui Aktivitas Vlog (Analisis Isi Deskriptif pada Feedback Netizen di Kolom Komentar Playlist Kabar Kerja)

Wibowo, Hendro Agung (2018) Citra Politik Presiden Jokowi dalam Youtube Channel Melalui Aktivitas Vlog (Analisis Isi Deskriptif pada Feedback Netizen di Kolom Komentar Playlist Kabar Kerja). S1 thesis, UAJY.

[img]
Preview
Text
KOM04416.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Komunikasi politik merupakan satu hal yang penting dewasa ini, hal tersebut menjadi satu cara utama bagaimana aktor politik berkomunikasi dengan khalayaknya. Pada tujuannya, aktivitas komunikasi politik memiliki dua tujuan. Tujuan pertama terkait tujuan praktis yang memiliki korelasi terhadap aspek kerja dari tokoh politik. Tujuan kedua berkaitan dengan tujuan politis yang sangat berkorelasi dengan hal – hal pada lingkup kehidupan politik. Salah satu aktor politik dalam negeri yang tentu memiliki kedekatan pada praktik – praktik komunikasi politik ialah Presiden Jokowi. Sebagai seorang pemimpin pemerintahan dan kepala negara, setiap aktivitas kerja maupun personal presiden sangat berpotensi menciptakan aktivitas komunikasi politik. Pada praktiknya, presiden mampu memanfaatkan keberadaan media untuk menjadi alat yang digunakan saat melaksanakan aktivitas komunikasi politik. salah satu media berbasis internet yang digunakan oleh presiden ialah media sosial Youtube. Seperti yang telah disebutkan di atas, setidaknya terdapat dua tujuan yang hendak dicapai dari jalannya aktivitas komunikasi politik pada platform Youtube ini, salah satu tujuan tersebut berkaitan dengan citra politik. Pada penelitian ini, peneliti memiliki tujuan untuk mengetahui bagaimana citra politik Presiden Jokowi dalam Youtube melalui aktivitas vlog nya, khususnya pada playlist “Kabar Kerja”. Adapun objek penelitian adalah feedback berupa komentar netizen di kolom komentar pada playlist “Kabar Kerja”. Jenis penelitian ialah kuantitatif dengan metodologi analisis isi deskriptif. Sedangkan teknik sampling yang digunakan adalah pusposive sampling dengan jumlah sampel 262 komentar. Dari hasil temuan, olah data dan analisis, peneliti telah mampu menjawab apa yang menjadi tujuan dari penelitian ini. penelitian ini menemukan bahwa citra politik Presiden Jokowi mengarah pada citra politik positif. Hal itu ditunjukan dari presentase yang didapatkan di kategori positif yang mencapai 96 dari total sampel 262 yang menghasilkan 729 makna pesan di dalamnya.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: komunikasi politik, citra politik, sumber politik, kredibilitas, daya tarik, kekuasaan, kepercayaan, keahlian, analisis isi, presiden jokowi.
Subjects: Komunikasi > Jurnalisme
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Lia natanaelia utami
Date Deposited: 21 Feb 2019 01:50
Last Modified: 21 Feb 2019 01:50
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/16877

Actions (login required)

View Item View Item