PEMBANGUNAN APLIKASI PEMBELAJARAN RAMBU LALU LINTAS BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF

Setiadi, Lydia Ignacia (2011) PEMBANGUNAN APLIKASI PEMBELAJARAN RAMBU LALU LINTAS BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF. S1 thesis, UAJY.

[img]
Preview
Text (Halaman Judul)
0TF05013.pdf

Download (377kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
1TF05013.pdf

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab II)
2TF05013.pdf

Download (214kB) | Preview
[img] Text (Bab III)
3TF05013.pdf
Restricted to Registered users only

Download (243kB)
[img] Text (Bab IV)
4TF05013.pdf
Restricted to Registered users only

Download (298kB)
[img] Text (Bab V)
5TF05013.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img]
Preview
Text (Bab VI)
6TF05013.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Berkembangnya Teknologi Informasi yang pesat saat ini serta banyaknya penggunaan komputer di segala bidang, mampu membawa dampak positif pula pada bidang pendidikan. Kini media pembelajaran semakin beragam jenisnya guna menunjang kegiatan belajar-mengajar, salah satunya dengan aplikasi pembelajaran berbasis multimedia. Pada penelitian ini, dikembangkan suatu Aplikasi Pembelajaran Rambu Lalu Lintas Berbasis Multimedia Interaktif yang diberi nama RaTas. RaTas merupakan sarana untuk menyampaikan materi pelajaran dengan cara yang lebih menarik, interaktif, dan mudah penggunaannya. Aplikasi ini memberikan gambaran dan penjelasan tentang macam-macam rambu lalu lintas beserta kegunaannya. Aplikasi ini dikemas secara menarik dengan menggunakan kolaborasi teks, gambar, suara, animasi dan video sebagai alat bantu pembelajaran berbasis multimedia. Aplikasi ini berbasis desktop dan dibuat menggunakan Adobe Flash CS3, Adobe Photoshop CS4, Adobe Audition 1.5, Adobe Premiere 1.5, Corel Draw X3 dan Any Video Converter. Aplikasi RaTas ini telah berhasil dibangun oleh penulis dan telah diuji cobakan terhadap 40 siswa dari kelas 3 SD. Dari hasil uji coba melalui kuisioner, diperoleh persentase penilaian sangat baik sebanyak 40%, persentase penilaian baik sebesar 51.75% dan persentase penilaian kurang sebesar 4.25%. Perolehan hasil tersebut menunjukkan bahwa RaTas mampu menambah semangat dalam belajar mengenal rambu lalu lintas, karena siswa dapat berinteraksi secara langsung maka dapat mengurangi kebosanan saat belajar, serta adanya pembelajaran, permainan, simulasi dan uji kemampuan pada RaTas yang dapat menarik minat anak-anak untuk belajar.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: rambu lalu lintas, multimedia, interaktif
Subjects: Teknik Informatika > Soft Computing
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Informatika
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 24 May 2013 13:01
Last Modified: 24 May 2013 13:01
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/1688

Actions (login required)

View Item View Item