Setiadi, Lydia Ignacia (2011) PEMBANGUNAN APLIKASI PEMBELAJARAN RAMBU LALU LINTAS BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF. S1 thesis, UAJY.
|
Text (Halaman Judul)
0TF05013.pdf Download (377kB) | Preview |
|
|
Text (Bab I)
1TF05013.pdf Download (206kB) | Preview |
|
|
Text (Bab II)
2TF05013.pdf Download (214kB) | Preview |
|
Text (Bab III)
3TF05013.pdf Restricted to Registered users only Download (243kB) |
||
Text (Bab IV)
4TF05013.pdf Restricted to Registered users only Download (298kB) |
||
Text (Bab V)
5TF05013.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
||
|
Text (Bab VI)
6TF05013.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Berkembangnya Teknologi Informasi yang pesat saat ini serta banyaknya penggunaan komputer di segala bidang, mampu membawa dampak positif pula pada bidang pendidikan. Kini media pembelajaran semakin beragam jenisnya guna menunjang kegiatan belajar-mengajar, salah satunya dengan aplikasi pembelajaran berbasis multimedia. Pada penelitian ini, dikembangkan suatu Aplikasi Pembelajaran Rambu Lalu Lintas Berbasis Multimedia Interaktif yang diberi nama RaTas. RaTas merupakan sarana untuk menyampaikan materi pelajaran dengan cara yang lebih menarik, interaktif, dan mudah penggunaannya. Aplikasi ini memberikan gambaran dan penjelasan tentang macam-macam rambu lalu lintas beserta kegunaannya. Aplikasi ini dikemas secara menarik dengan menggunakan kolaborasi teks, gambar, suara, animasi dan video sebagai alat bantu pembelajaran berbasis multimedia. Aplikasi ini berbasis desktop dan dibuat menggunakan Adobe Flash CS3, Adobe Photoshop CS4, Adobe Audition 1.5, Adobe Premiere 1.5, Corel Draw X3 dan Any Video Converter. Aplikasi RaTas ini telah berhasil dibangun oleh penulis dan telah diuji cobakan terhadap 40 siswa dari kelas 3 SD. Dari hasil uji coba melalui kuisioner, diperoleh persentase penilaian sangat baik sebanyak 40%, persentase penilaian baik sebesar 51.75% dan persentase penilaian kurang sebesar 4.25%. Perolehan hasil tersebut menunjukkan bahwa RaTas mampu menambah semangat dalam belajar mengenal rambu lalu lintas, karena siswa dapat berinteraksi secara langsung maka dapat mengurangi kebosanan saat belajar, serta adanya pembelajaran, permainan, simulasi dan uji kemampuan pada RaTas yang dapat menarik minat anak-anak untuk belajar.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | rambu lalu lintas, multimedia, interaktif |
Subjects: | Teknik Informatika > Soft Computing |
Divisions: | Fakultas Teknologi Industri > Teknik Informatika |
Depositing User: | Editor UAJY |
Date Deposited: | 24 May 2013 13:01 |
Last Modified: | 24 May 2013 13:01 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/1688 |
Actions (login required)
View Item |