PENGARUH KUALITAS ASET PERBANKAN TERHADAP PROFITABILITAS PADA BANK UMUM YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI) TAHUN 2012-2016

Sihombing, Romualda Yuniarta (2018) PENGARUH KUALITAS ASET PERBANKAN TERHADAP PROFITABILITAS PADA BANK UMUM YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI) TAHUN 2012-2016. S1 thesis, UAJY.

[img] Text
EA21685.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kualitas aset terhadap profitabilitas pada bank umum yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Penelitian ini menggunakan variabel independen yaitu kualitas aset yang diproksikan menggunakan rasio Non Performing Loan (NPL), Non Performing Asset (NPA), dan Cadangan Kerugian Penurunan Nilai (CKPN). Variabel dependen yang digunakan adalah profitabilitas yang diproksikan menggunakan Return On Asset (ROA). Variabel kontrol yang digunakan adalah ukuran bank. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder. Data yang digunakan berupa laporan keuangan bank umum yang terdaftar pada Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2012-2016. Data laporan keuangan bank umum dapat diperoleh dari www.idx.ac.id. Sampel penelitian menggunakan purposivesampling. Sampel yang terpilih sebanyak 26 bank selama 5 tahun, sehingga diperoleh jumlah sampel yang diperoleh selama 2012-2016 sebanyak 130. Penelitian ini melakukan uji statistik deskriptif, uji normalitas, uji asumsi klasik berupa uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, dan uji autokorelasi, serta melakukan uji hipotesis menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil pengujian penelitian ini adalah NPL berpengaruh negatif terhadap ROA. Artinya semakin tinggi rasio NPL menunjukkan kualitas aset yang menurun maka akan semakin rendah rasio ROA. NPA berpengarug negatif terhadap ROA. Artinya, semakin tinggi rasio NPA menunjukkan kualitas aset yang menurun maka akan semakin rendah rasio ROA. CKPN berpengaruh negatif terhadap ROA. Artinya, semakin tinggi rasio CKPN menunjukkan kualitas aset yang menurun maka semakin rendah rasio ROA.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: NPL, NPA, CKPN, SIZE, ROA.
Subjects: Akuntansi > Akuntansi Keuangan
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: editor2 dua uajy
Date Deposited: 21 Feb 2019 05:03
Last Modified: 21 Feb 2019 05:03
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/16938

Actions (login required)

View Item View Item