IMPLEMENTASI STRATEGI KREATIF BRAND ACTIVATION PRODUK SHAMPOO (Studi Deskriptif Kualitatif tentang Implementasi Strategi Kreatif Lifebuoy Shampoo pada Event Sekaten Unilever 2016 oleh Divisi Unisi Event)

Kostka, Christopher (2018) IMPLEMENTASI STRATEGI KREATIF BRAND ACTIVATION PRODUK SHAMPOO (Studi Deskriptif Kualitatif tentang Implementasi Strategi Kreatif Lifebuoy Shampoo pada Event Sekaten Unilever 2016 oleh Divisi Unisi Event). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Christopher Kostka)
KOM04776).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Unilever menggunakan promosi dalam membangun hubungan dengan para calon konsumen, cara yang digunakan dalam membangun hubungan & kepercayaan yakni melalui pembuatan event dengan bekerjasama dengan Unisi Event. Hal tersebut dilakukan untuk meningkatkan kesadaran konsumen juga memperkenalkan/memperkuat keberadaan akan identitasnya dengan cara yang kreatif. Konsep kreatif dibuat dengan tujuan memperkenalkan, membedakan atau memposisikan produk dalam benak konsumen untuk menghadapi persaingan. Advertising adalah menciptakan kesadaran yang bertujuan membangun permintaan brand. Cara kreatif yang dilakukan yaitu brand activation yang merupakan aktivitas branding yang memberikan kesempatan kepada target untuk mendapat brand experience, menurut cara-cara yang disukai target dan di tempat target berada atau beraktivitas. Unilever memanfaatkan moment Sekaten yang merupakan event lokal tahunan terbesar yang ada di Yogyakarta untuk mempromosikan produk yang dimiliki, salah satunya Lifebuoy shampoo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Implementasi Strategi Kreatif Brand activation Produk Shampoo pada Event “Sekaten Unilever 2016” oleh Divisi Unisi Event. Terdapat lima teori yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu: Komunikasi Pemasaran, Promosi, Promotional Mix, Brand & Brand Activation. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Metode yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah wawancara yang dilakukan pada pihak Unisi event yakni Creative Director Unisi event selaku penanggung jawab perencanaan pembuatan event dan juga PIC Lifebuoy shampoo sebagai penanggung jawab dan selalu mengawasi dalam pelaksanaan strategi kreatif yang dilakukan Lifebuoy shampoo pada Event “Sekaten Unilever 2016”. Selain itu juga mengumpulkan data berupa dokumen, kumpulan foto dan laporan terkait dengan pelaksanaan strategi kreatif brand activation Produk shampoo pada event Sekaten 2016. Hasil dari penelitian terkait dengan Implementasi Strategi Kreatif Brand Activation Produk Shampoo pada Event “Sekaten Unilever 2016” oleh Divisi Unisi Event dengan melakukan kegiatan openbooth dengan menggunakan daya tarik berupa paket produk berhadiah langsung, hadiah mingguan, hadiah utama & permainan-permainan menarik yang ada di dalam booth dan juga entertaint yang dilakukan setiap weekend. Sebelum pelaksanaan kegiatan, Lifebuoy shampoo menggunakan publikasi berupa adlips, media sosial, serta menggunakan stationery. Kesimpulan dari penelitian ini adalah implementasi strategi kreatif brand activation ini mempengaruhi perilaku keluarga dengan mengunjungi booth & membeli produk Lifebuoy shampoo. Saran untuk peneliti selanjutnya agar melakukan penelitian melalui sudut pandang dari audien sasaran, sedangkan untuk perusahaan adalah penelitian ini dapat menjadi pertimbangan bagi perusahaan yang ingin merancang strategi kreatif brand activation sebagai bentuk kegiatan promosi.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Strategi Kreatif, Brand Activation, Lifebuoy shampoo, Sekaten Unilever 2016, Unisi Event
Subjects: Komunikasi > Advertising
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Lia natanaelia utami
Date Deposited: 22 Feb 2019 06:14
Last Modified: 22 Feb 2019 06:14
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/16992

Actions (login required)

View Item View Item