PENERAPAN BAHASA JURNALISTIK DI TRIBUNJOGJA.COM (Analisis Isi Penerapan Bahasa Jurnalistik pada Berita Straight News di TribunJogja.com Periode April 2017-Juni 2017) Disusun Oleh: Vincentius Kevin Hendratama 120904581 PROGRAM STUDI ILMU KOMUNIKASI FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA 201

Hendratama, Vincentius Kevin (2018) PENERAPAN BAHASA JURNALISTIK DI TRIBUNJOGJA.COM (Analisis Isi Penerapan Bahasa Jurnalistik pada Berita Straight News di TribunJogja.com Periode April 2017-Juni 2017) Disusun Oleh: Vincentius Kevin Hendratama 120904581 PROGRAM STUDI ILMU KOMUNIKASI FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA 201. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Vincentius Kevin Hendratama)
KOM04581.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Kehadiran media online menjadi terobosan bagi industri media. Inilah yang membuat media online sebagai jurnalisme baru lebih mudah diterima di masyarakat luas. Persaingan yang semakin berkembang di dalam masyarakat, membuat media online berlomba-lomba untuk memengaruhi pikiran, suasana hati, dan gejolak perasaan pembaca, pendengar, atau permisanya. Maka dari itu, berita harus dapat menarik perhatian yang dituju. Namun tak jarang insan media memiliki kendala dalam berbahasa yang baik dalam jurnalistik. Oleh karena itu, penelitian ini melihat penerapan bahasa jurnalistik pada beita straight news di Tribunjogja.com periode April 2017 – Juni 2017. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis isi dengan pendekatan kuantitatif. Melalui teknik purposive sampling diperoleh 94 artikel berita straight news dalam periode bulan April 2017 hingga Juni 2017. Penelitian ini dianalisis berdasarkan lima karakteristiik 2 bahasa jurnalistik menurut Romli. Kelima karakteristik bahasa jurnalistik tersebut antara lain: sederhana, lugas, ringkas, penggunaan kalimat aktif, dan logis. Hasil penelitian menyebutkan bahwa penulisan berita straight news Tribunjogja.com periode April 2017 hingga Juni 2017 belum berjalan sesuai dengan karakteristik bahasa jurnalistik menurut Romli. Terbukti dari lima karakteristik bahasa jurnalistik yang ditentukan, penggunaan jurnalistik secara sederhana 71%, lugas 98%, ringkas 55%, penggunaan kalimat aktif 69%, dan logis 63%. Masih ada ketidaksesuaian kata khusus dalam penulisan artikel berita di Tribunjogja.com yang bahasanya kurang cocok atau kurang akrab di telinga pembaca seperti kata-kata teknisi yang tidak semua orang paham dengan kata tersebut.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Media Online, Karakteristik Bahasa Jurnalistik, Berita Straight News
Subjects: Komunikasi > Jurnalisme
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Lia natanaelia utami
Date Deposited: 25 Feb 2019 01:29
Last Modified: 25 Feb 2019 01:57
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/17004

Actions (login required)

View Item View Item