GAMBARAN KREDIBILITAS SELEBRITI DALAM AKUN @MENTERI.INDONESIA DI MEDIA SOSIAL (Studi Analisis Isi Kuantitatif Gambaran Kredibilitas Glenn Alinskie sebagai Selebriti Endorser pada Akun @Menteri.Indonesia di Media Sosial Instagram)

AMARASANGGHADEWI, CINDY (2018) GAMBARAN KREDIBILITAS SELEBRITI DALAM AKUN @MENTERI.INDONESIA DI MEDIA SOSIAL (Studi Analisis Isi Kuantitatif Gambaran Kredibilitas Glenn Alinskie sebagai Selebriti Endorser pada Akun @Menteri.Indonesia di Media Sosial Instagram). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (CINDY AMARASANGGHADEWI)
KOM05127.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (26MB)

Abstract

Teknologi internet sudah sangat maju di tahun 2018 ini dan dinilai dapat dijadikan sebagai media vehicle dalam pemasaran produk dengan didukung peran selebriti yang kemudian memunculkan sebuah tren marketing yang baru, yaitu social media celebrity endorsement. Kemunculan tren atau fenomena selebriti endorser di tengah-tengah perkembangan e-marketing di Indonesia inilah yang menarik penulis untuk kemudian mengangkatnya dalam penelitian ini dengan memfokuskan pada gambaran kredibilitas Glenn Alinskie sebagai selebriti endorser pada posting pesan produk sajian pangan harian ‘kekinian’ Menteri Indonesia di media sosial Instagram. Penelitian ini menggunakan teknik analisis isi dengan teknik sampling acak yang meneliti 14 posting endorsement yang terdapat dalam akun @menteri.indonesia dengan bantuan laman random.org untuk menentukan nomor sampel yang digunakan. Keempasbelas unggahan ini dinilai dengan kategori-kategori yang disusun dari kerangka teori yang ada, yaitu dari konsep dan teori mengenai celebrity endorsement dan kredibilitas sumber. Kategori-kategori yang digunakan adalah aspek-aspek pembangun kredibilitas seseorang yang adalah trustworthiness, expertise, attractiveness, dan dynamism. Keempat aspek ini kemudian diturunkan menjadi poin-poin yang lebih konkrit ke dalam sebuah instrumen penelitian yang dinamakan coding sheet. Hasil penelitian menunjukkan penemuan data yang menarik. Data yang didapat menggambarkan adanya kontradiksi antara konsep mengenai kredibilitas dengan apa yang terjadi di lapangan. Aspek konsistensi yang merupakan turunan dari kategori dynamism terlihat sangat menonjol dalam hasil temuan data dibuktikan dengan presentasi kemunculan aspek sebanyak 100% terbanyak dibandingkan dengan kategori pembentuk kredibilitas yang lain.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: e-marketing, endorsement, kredibilitas, analisis isi
Subjects: Komunikasi > Advertising
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Lia natanaelia utami
Date Deposited: 25 Feb 2019 04:37
Last Modified: 25 Feb 2019 04:37
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/17014

Actions (login required)

View Item View Item