PENGARUH DAYA TARIK PESAN IKLAN DI INSTAGRAM TERHADAP MINAT BERKUNJUNG (Studi Eksplanatif Kuantitatif Pengaruh Daya Tarik Pesan Iklan Akun Instagram @lippoplazajogja_official Terhadap Minat Berkunjung ke Lippo Plaza Jogja)

JAYA, TANI VISAKA DEWI (2018) PENGARUH DAYA TARIK PESAN IKLAN DI INSTAGRAM TERHADAP MINAT BERKUNJUNG (Studi Eksplanatif Kuantitatif Pengaruh Daya Tarik Pesan Iklan Akun Instagram @lippoplazajogja_official Terhadap Minat Berkunjung ke Lippo Plaza Jogja). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (TANI VISAKA DEWI JAYA)
KOM04999.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Menciptakan daya tarik pada pesan iklan di Instagram menjadi salah satu cara yang digunakan untuk meningkatkan minat berkunjung ke Lippo Plaza Jogja. Instagram digunakan sebagai media untuk menyampaikan pesan-pesan yang telah disusun oleh Divisi Komunikasi Pemasaran Lippo Plaza Jogja. Daya tarik pesan iklan meliputi daya tarik rasional pesan iklan dan daya tarik emosional pesan iklan. Model komunikasi Lasswell juga digunakan untuk melihat bagaimana alur dari komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh Lippo Plaza Jogja dan model AIDA digunakan untuk menguji variabel daya tarik pesan iklan (X) terhadap minat berkunjung (Y). Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksplanatif. Sampel sebanyak 100 followers akun Instagram Lippo Plaza Jogja dengan menggunakan metode survey. Data primer diperoleh melalui kuesioner yang dibagikan secara online kepada followers. Uji validitas yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pearson Test dan uji reliabilitas menggunakan metode Alpha Cronbach’s. Analisis data menggunakan analasis regresi linear sederhana. Hasil uji validitas dan reliabilitas menunjukkan bahwa semua instrumen penelitian valid dan reliabel. Hasil dari penelitian ini adalah variabel daya tarik pesan iklan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat berkunjung dengan koefisien regresi (R) sebesar 0,804 dan signifikansi 0,000. Kontribusi variabel daya tarik pesan iklan terhadap minat berkunjung adalah sebesar 64,6%. Berdasarkan hasil analisis, peneliti menyimpulkan bahwa ada pengaruh daya tarik pesan iklan di akun Instagram Lippo Plaza Jogja terhadap minat berkunjung ke Lippo Plaza Jogja.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Daya Tarik Pesan Iklan, Minat Berkunjung.
Subjects: Komunikasi > Advertising
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Lia natanaelia utami
Date Deposited: 25 Feb 2019 05:22
Last Modified: 25 Feb 2019 05:22
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/17019

Actions (login required)

View Item View Item