KEPUASAN ORGANISASI PERANGKAT DAERAH (OPD) DAN REKANAN TERHADAP MUTU PELAYANAN UNIT LAYANAN PENGADAAN (ULP) PEMERINTAH KABUPATEN MANGGARAI BARAT DALAM PROSES PELELANGAN JASA KONSTRUKSI

TEJA, ANTONIUS WALFINO (2018) KEPUASAN ORGANISASI PERANGKAT DAERAH (OPD) DAN REKANAN TERHADAP MUTU PELAYANAN UNIT LAYANAN PENGADAAN (ULP) PEMERINTAH KABUPATEN MANGGARAI BARAT DALAM PROSES PELELANGAN JASA KONSTRUKSI. S2 thesis, UAJY.

[img]
Preview
Text (HALAMAN AWAL)
MTS026380.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
MTS026381.pdf

Download (333kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB II)
MTS026382.pdf

Download (391kB) | Preview
[img] Text (BAB III)
MTS026383.pdf
Restricted to Registered users only

Download (803kB)
[img] Text (BAB IV)
MTS026384.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text (BAB V)
MTS026385.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Perkembangan proyek konstruksi milik Pemerintah di Indonesia semakin pesat. Pelaksanaan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah dilaksanakan oleh Unit Layanan Pengadaan (ULP) sesuai dengan ketentuan yang tertuang dalam Peraturan Presiden Nomor 54 Tahun 2010. ULP pada Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat dibentuk berdasarkan Peraturan Bupati Manggarai Barat Nomor 40 Tahun 2011 dimana pihak yang berhubungan dengan unit tersebut yaitu Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan Rekanan. Untuk mengetahui mutu pelayanan ULP Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat maka perlu dilakukan evaluasi terhadap pelayanan yang sudah diberikan. Tujuan dari penelitian adalah mengetahui tingkat kepuasan OPD dan Rekanan terhadap mutu pelayanan ULP Pemerintah Kabupaten Manggarai serta mengetahui pengaruh lima dimensi kualitas pelayanan yang mempengaruhi kepuasan OPD dan Rekanan yaitu Tangible, Reliability, Responsiveness, Assurance dan Empathy. Data dikumpulkan dari OPD dan Rekanan di Kabupaten Manggarai Barat melalui kuesioner. Responden dalam penelitian ini mencakup 21 respoden dari OPD dan 32 responden dari Rekanan. Pengolahan data dilakukan dengan membandingkan skor kepuasan dengan skor kepentingan untuk mendapatkan tingkat kepuasan, Diagram Kartesius Importance – Performance Analysis untuk mengetahui dimensi apa saja yang harus diprioritaskan untuk meningkatkan tingkat kepuasan dan mencari model persamaan regresi linear berganda untuk melihat hubungan dimensi-dimensi yang mempengaruhi kepuasan terhadap kepuasan OPD dan Rekanan atas mutu pelayanan ULP Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat dalam proses pelelangan jasa konstruksi pada Tahun Anggaran 2017. Penelitian ini menunjukan tingkat kepuasan OPD sebesar 87,0% dan Rekanan sebesar 89,0% terhadap mutu pelayanan ULP Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat dan dimensi yang paling mempengaruhi terhadap tingkat kepuasan OPD adalah Responsivness dengan koefisien 3,407 dan Rekanan adalah Responsivness dengan koefisien 1,712 sehingga perlu adanya perhatian pada dimensi yang lain untuk meningkatkan mutu pelayanan ULP Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat. Saran yang bisa diberikan dari penelitian ini adalah ULP Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat harus meningkatkan kemampuan Sumber Daya Manusia dengan melakukan berbagai pelatihan dan penambahan jumlah personil profesional yang berhubungan dengan tugas pokoknya pada bidang pengadaan barang/jasa, ULP juga harus membangun jalur koordinasi yang baik dengan OPD serta Rekanan dan perlu adanyan peningkatan sarana dan prasarana penunjuang kinerja ULP sehingga semakin meningkatnya ketelitian, efisiensi, transparansi, akuntabilitas dan kenyamanan dari proses pengadaan yang dilaksanakan.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah, Unit Layanan Pengadaan, Kepuasan, Organisasi Perangkat Daerah, Rekanan.
Subjects: Magister Teknik Sipil > Manajemen Konstruksi
Divisions: Pasca Sarjana > Magister Teknik Sipil
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 26 Feb 2019 02:40
Last Modified: 26 Feb 2019 02:40
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/17039

Actions (login required)

View Item View Item