PROSES KOMUNIKASI INTERPERSONAL SALES PROMOTION GIRL DALAM MEMPENGARUHI KEPUTUSAN KONSUMEN DALAM MEMBELI PRODUK (Studi Deskriptif pada Sales Promotion Girl Bazzar Wahana Rezeki Sempurna 5-10 Maret 2018 di Jogja City Mall Yogyakarta)

Levina, Gabriella Gina (2018) PROSES KOMUNIKASI INTERPERSONAL SALES PROMOTION GIRL DALAM MEMPENGARUHI KEPUTUSAN KONSUMEN DALAM MEMBELI PRODUK (Studi Deskriptif pada Sales Promotion Girl Bazzar Wahana Rezeki Sempurna 5-10 Maret 2018 di Jogja City Mall Yogyakarta). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Gabriella Gina Levina)
KOM04984.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul proses komunikasi interpersonal sales promotion girl dalam mempengaruhi keputusan konsumen dalam membeli produk (studi deskriptif pada sales promotion girl bazzar wahana rezeki sempurna 5-10 maret 2018 di Jogja City Mall Yogyakarta). Penelitian ini bertujuan untuk melihat proses komunikasi interpersonal yang terjadi antara SPG dengan konsumen hingga mencapai keputusan pembelian dengan menggunakan teori Elaboration Likelihood Theory (ELT). Brochers (2005:44) mengatakan bahwa Elaboration Likelihood Theory (ELT) merupakan model komunikasi yang memiliki fokus pada proses komunikasi dalam interaksi. Penelitian ini dilakukan di Jogja City Mall yang berlokasi di Jalan Magelang KM. 6 No. 18, Sinduadi, Mlati, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55284. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan melakukan kegiatan wawancara, observasi dan juga dokumentasi untuk mengumpulkan data. Dalam analisis data, penulis menggunakan konsep Elaboration Likelihood Theory (ELT), penyajian data, dan penarikan kesimpulan Dari hasil penelitian yang dilakukan pada SPG Freelance pada bazzar PT.Wahana Rezeki dapat diperoleh bahwa proses komunikasi interpersonal efektif dalam mempengaruhi keputusan konsumen dalam pembelian produk. Proses yang terjadi melibatkan SPG dan juga konsumen. Proses komunikasi interpesonal dapat dimulai oleh SPG ataupun konsumen. Kesimpulan dan saran penelitian yang sesuai dengan konsep Elaboration Likelihood Theory (ELT) adalah bahwa penampilan yang merupakan pengolahan informasi peripheral route merupakan aspek yang dapat menentukan keberhasilan dalam mempengaruhi konsumen. Dalam penelitian ini, konsumen akan mengolah informasi dan SPG akan meningkatkan interaksi agar dapat menarik konsumen kepada transaksi pembelian. Meskipun masih terdapat kekurangan dalam penelitian ini dimana terkadang SPG kurang memiliki rasa sabar dalam menghadapi calon pembeli yang mengalami fase keberatan untuk menentukan pilihan dan kurang memperhatikan penggunaan

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Interpersonal, Sales Promotion Girl, Keputusan Pembelian, Elaboration Likelihood Theory (ELT)
Subjects: Komunikasi > Public Relations
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Lia natanaelia utami
Date Deposited: 26 Feb 2019 03:48
Last Modified: 26 Feb 2019 03:48
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/17052

Actions (login required)

View Item View Item