USULAN RANCANGAN PENGUKURAN PERFORMANSI KERJA KARYAWAN DI PERUSAHAAN OTOBUS

RISTANDI, BIAS KRISNA (2018) USULAN RANCANGAN PENGUKURAN PERFORMANSI KERJA KARYAWAN DI PERUSAHAAN OTOBUS. S1 thesis, UAJY.

[img] Text
TI07871.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Tugas Akhir dengan judul “Usulan Perancangan Pengukuran Performansi Kerja Karyawan di Perusahaan Otobus” dilakukan atas munculnya komplain pelanggan atas pelayanan karyawan khususnya driver dan co-driver yang bekerja di perusahaan penyewaan bus pariwisata dan layanan wisata. Perusahaan menghendaki agar komplain dari pelanggan tersebut dapat berkurang dan salah satu cara yang dapat dilakukan adalah memberikan reward dan punishment bagi karyawan yang memiliki tingkat performansi tertentu. Untuk dapat mengetahui performansi karyawan, dilakukan dengan pengukuran performansi yang didasari pada kriteria-kriteria yang terdapat pada buku saku yang berisikan SOP perusahaan terhadap pelayanan pariwisata. Selain untuk dasar pemberian reward dan punishment, penilaian performansi juga dapat digunakan untuk dasar dilakukannya mutasi maupun promosi bagi karyawan dengan tingkat performansi tertentu, dalam hal ini dikhususkan untuk dipindahkan pada armada yang lebih baru. Untuk melakukan pengukuran performansi, terlebih dahulu dilakukan pembobotan kriteria penilaian, kemudian untuk mempermudah penghitungan maka dibuat program hitungan menggunakan software Microsoft Excel. Seluruh penilaian yang didapatkan dari kuesioner pelanggan maupun data pada bagian operasional dimasukkan ke program kemudian secara otomatis akan didapatkan nilai beserta peringkat karyawan yang akan dipisahkan pada kategori grade A (nilai lebih dari 8), grade B (nilai mulai dari 7 hingga <8), grade C (nilai mulai dari 6,5 hingga <7) , grade D (nilai mulai dari 5,5 hingga <6,5), dan grade E (nilai kurang dari 5,5). Pengukuran yang dilakukan pada bulan April 2018 dan Mei 2018 menunjukkan bahwa ada peningkatan performansi karyawan berupa peningkatan 0,133 poin bagi driver dari yang awalnya 7,565 menjadi 7,698 serta peningkatan 0,095 poin bagi co-driver dari yang awalnya 7,586 menjadi 7,681. Hal tersebut artinya dengan adanya pemberian reward dan punishment dapat meningkatkan performansi karyawan di Perusahaan Otobus tersebut.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: pengukuran performansi, ranking, reward, punishment.
Subjects: Teknik Industri > Produksi
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 28 Feb 2019 01:31
Last Modified: 28 Feb 2019 01:31
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/17132

Actions (login required)

View Item View Item