PENGARUH PROFITABILITAS PERUSAHAAN, UKURAN PERUSAHAAN, DAN KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL TERHADAP KETEPATAN WAKTU PENYAMPAIAN LAPORAN KEUANGAN (Studi Empiris pada Perusahaan Publik yang Tercatat Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2012-2016)

Ayuningtiyas, Hildegardis Dewi (2018) PENGARUH PROFITABILITAS PERUSAHAAN, UKURAN PERUSAHAAN, DAN KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL TERHADAP KETEPATAN WAKTU PENYAMPAIAN LAPORAN KEUANGAN (Studi Empiris pada Perusahaan Publik yang Tercatat Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2012-2016). S1 thesis, UAJY.

[img] Text
EA19228.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Ketepatan waktu pelaporan keuangan merupakan suatu hal yang penting bagi laporan keuangan, dikarenakan laporan keuangan yang dilaporkan dengan tepat waktu dapat mengurangi suatu informasi yang asimetris. Informasi tidak dapat dipergunakan untuk pengambilan keputusan apabila perusahaan menunda pelaporan keuangan ke publik. Insider information mengenai perusahaan dapat terjadi jika dalam menyajikan laporan keuangan membutuhkan waktu yang lama. Apabila ini terjadi maka akan mengarahkan pasar tidak dapat lagi bekerja dengan baik. Penyampaian laporan paling lambat dalam jangka waktu tiga bulan setelah periode akhir tahun laporan keuangan dapat membantu mengurangi terjadinya kebocoran, rumor, dan praktek perdagangan ilegal di bursa saham (Owusu-Ansah, 2000 dalam Novade, 2015). Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui apakah profitabilitas perusahaan, ukuran perusahaan, dan kepemilikan institusional berpengaruh terhadap ketepatan waktu pelaporan keuangan perusahaan. Penelitian ini dilakukan pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2012-2016. Hasil penelitian menunjukkan bahwa profitabilitas berpengaruh positif terhadap ketepatan waktu penyampaian laporan keuangan, ukuran perusahaan tidak berpengaruh terhadap ketepatan waktu penyampaian laporan keuangan dan kepemilikan institusional berpengaruh positif terhadap ketepatan waktu penyampaian laporan keuangan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Profitabilitas, Ukuran perusahaan, Kepemilikan institusional, Ketepatan waktu penyampaian laporan keuangan
Subjects: Akuntansi > Akuntansi Manejemen
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 04 Mar 2019 04:16
Last Modified: 04 Mar 2019 04:16
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/17201

Actions (login required)

View Item View Item