KAMPUNG SUSUN SEBAGAI RESPON PERMASALAHAN KAWASAN DAN SARANA WISATA DI YOGYAKARTA DENGAN PENDEKATAN ARSITEKTUR BIOKLIMATIK

SONYOTO, YONATHAN BUDIANSETIA (2018) KAMPUNG SUSUN SEBAGAI RESPON PERMASALAHAN KAWASAN DAN SARANA WISATA DI YOGYAKARTA DENGAN PENDEKATAN ARSITEKTUR BIOKLIMATIK. S1 thesis, UAJY.

[img] Text
TA14672.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)

Abstract

Kota Yogyakarta semakin lama semakin kehilangan identitasnya. Kota yang kental akan budayanya, kota yang nyaman, kini menjadi kota yang panas, padat, sering terjadi kemacetan, dan tidak hanya itu, kini Kota Yogyakarta menjadi kota yang memiliki banyak bangunan tinggi perhotelan yang dapat merugikan penduduk sekitar dan memiliki banyak sarana wisata namun lokasinya tidak merata. Disamping perkembangan Kota Yogyakarta yang demikian, masih banyak penduduk asli dan pendatang yang belum memiliki tempat tinggal permanen. Kampung Susun sebagai Respon Permasalahan Kawasan dan Sarana Wisata di Yogyakarta dengan Pendekatan Arsitektur Bioklimatik menyediakan tempat tinggal bagi penduduk yang membutuhkan, dapat menjadi sarana wisata, ramah lingkungan, dan menyediakan lapangan pekerjaan. Lokasi yang dipilih untuk bangunan kampung susun ini berada pada selatan Kota Yogyakarta. Kampung susun ini akan menjadi solusi kepadatan di masa depan dan menjadi tempat tinggal yang akrab bagi penggunanya. Selain itu, kampung susun ini juga akan menjadi sarana wisata yang dapat memperkenalkan budaya-budaya yang mulai luntur. Penduduk setempat dan sekitar juga akan merasakan dampak positif dari kampung susun ini. Arsitektur bioklimatik juga akan menjadi respon bagi permasalahan yang ada.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kampung Susun, Sarana Wisata, Arsitektur Bioklimatik
Subjects: Arsitektur > Teknologi Arsitektural
Penelitian Dosen > Arsitektur > Teknologi Arsitektural
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Arsitektur
Depositing User: editor2 dua uajy
Date Deposited: 06 Mar 2019 02:11
Last Modified: 06 Mar 2019 02:11
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/17275

Actions (login required)

View Item View Item