LANDASAN KONSEPTUAL PERENCANAAN DAN PERANCANGAN ARSITEKTUR “JOGJA INTERNATIONAL MUSIC MUSEUM” SEBAGAI SARANA KOMUNITAS MUSIK DENGAN PENDEKATAN ARSITEKTUR METAFORA DI YOGYAKARTA

KRISTADI, MARIA ANTONIA FABRIARNI (2018) LANDASAN KONSEPTUAL PERENCANAAN DAN PERANCANGAN ARSITEKTUR “JOGJA INTERNATIONAL MUSIC MUSEUM” SEBAGAI SARANA KOMUNITAS MUSIK DENGAN PENDEKATAN ARSITEKTUR METAFORA DI YOGYAKARTA. S1 thesis, UAJY.

[img] Text
TA15503.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

“Jogja International Music Museum” merupakan sarana edukasi dan rekreasi musik di Yogyakarta. Yogyakarta memiliki potensi dan minat masyarakat tinggi yang tinggi akan musik, ditambah lagi terdapat berbagai potensi komunitas musik di Yogyakarta yang dikenal oleh musisi-musisi nasional dan internasional untuk sharing dan berbagi pengetahuan seputar musik. Dengan adanya “Jogja International Music Museum” ini, diharapkan dapat memberikan edukasi kepada pengunjung mengenai sejarah musik dunia dari zaman prasejarah hingga musik masa kini dari berbagai belahan dunia termasuk Indonesia, serta menyediakan wadah bagi komunitas musik Yogyakarta untuk melakukan performance serta menyediakan ruang sharing komunitas yang memungkinkan pengunjung untuk melakukan diskusi atau tanya jawab pada para musisi secara langsung. Pencapaian tersebut diwujudkan melalui bentuk bangunan museum yang iconic. Maka dari itu, digunakan pendekatan arsitektur metafora yang diaplikasikan pada fasad bangunan sehingga fasad tersebut dapat merepresentasikan musik.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Museum Musik, Komunitas Musik, Yogyakarta, Arsitektur: Metafora
Subjects: Arsitektur > Teknologi Arsitektural
Penelitian Dosen > Arsitektur > Teknologi Arsitektural
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Arsitektur
Depositing User: editor2 dua uajy
Date Deposited: 06 Mar 2019 02:33
Last Modified: 06 Mar 2019 02:33
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/17286

Actions (login required)

View Item View Item